PBB: Fasilitas Nuklir di Ukraina ditembak oleh Artileri Rusia

- 27 Maret 2022, 15:24 WIB
Sebuah jet Rusia tampaknya telah ditembak jatuh saat terbang di atas Kharkiv.*
Sebuah jet Rusia tampaknya telah ditembak jatuh saat terbang di atas Kharkiv.* /Twitter /@JulianRoepcke

CERDIK INDONESIA - Konflik antara ukraina dan rusia kembali memanas, kali ini fasilitas nuklir ukraina di Kharkiv ditembak oleh Rusia.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang merupakan badan organisasi dari Perserikatan Bangsa-bangsa tersebut melalui website mereka merilis statement bahwa fasilitas nuklir di Ukraina terkena tembakan dari Rusia. 

Badan pengawas nuklir di Ukraina mengatakan bahwa fasilitas penelitian nuklir di Kharkiv kembali diserang oleh Rusia yang dilaporkan kepada IAEA.

Ukraina mengatakan kerusakan yang diakibatkan oleh penembakan tersebut membuat pemerintah Ukraina tidak dapat mengestimasi kerusakan yang diakibatkan oleh penembakan tersebut.

Baca Juga: Siapa itu Morbius? Sosok Vampir di Film Marvel Terbaru

Inspektorat Pengontrol Nuklir Negara Ukraina mengatakan bahwa fasilitas eksperimental sumber neutron di Institut Fisika dan Teknologi di Kharkiv mendapat kecaman.

Pihak Pemerintah Ukraina sebelumnya telah melaporkan bahwa penembakan yang dilakukan oleh Rusia merusak bangunan di fasilitas Kharkiv, tetapi tidak ada kebocoran radiasi di fasilitas tersebut.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sendiri mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya telah menerima laporan tentang peluru artileri yang merusak fasilitas penelitian nuklir di kota kedua yang terkepung di Ukraina, Kharkiv, tetapi tidak ada kebocoran radioaktif.

Badan PBB yang berbasis di Wina tersebut mengatakan pihak berwenang Ukraina melaporkan serangan terjadi pada hari Minggu, menambahkan bahwa tidak ada peningkatan tingkat radiasi yang dilaporkan di lokasi tersebut.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani

Sumber: PBB IAEA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah