Gus Miftah Gelar Pertunjukan Wayang: Dalang Ki Warseno Slank Maki dan Banting Wayang Bergambar Ustaz Khalid

- 21 Februari 2022, 09:23 WIB
Cuplikan pertunjukan wayang yang digelar Gus  Miftah
Cuplikan pertunjukan wayang yang digelar Gus Miftah /Tim Cerdik Indonesia/

CerdikIndonesia -  Beberapa waktu lalu, Ustaz Basalamah sempat tersandung kontroversi karena dituduh mengharamkan wayang dan meminta pemusnahannya dalam ceramah. Hal ini, sontak membuat geram para Dalang, dan hendak melaporkannya ke polisi.

(Klik ini untuk melihat artikel)

Merespons kontroversi yang ada, sekaligus menyanggah pernyataan dari Ustaz Basalamah, Gus Miftah gelar sebuah pertunjukan.

Baca Juga: Ingat Baik-Baik! Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2022 Segera Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Gus Miftah mengadakan pertunjukan wayang kulit di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji di Dusun Tundan, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat 18 Februari 2022, malam WIB.

Pementasan yang menghadirkan dalang Ki Warseno Slank dan sinden Yati Pesektersebut juga disiarkan langsung melalui akun channel Youtube ADARA NH.

Miftah Maulana Habiburahman, nama lengkap Gus Miftah berpesan jika masalah budaya dan agama harus dibedakan. Dia menyebut, budaya dan agama itu bisa berjalan selaras beriringan.

"Contohnya yang namanya menutup aurat itu perintah agama, tapi caranya menutup itu budaya maka orang Arab punya budaya menutup aurat dengan cara menggunakan jubah, lha jubah itu budayanya orang Arab. Apakah orang Yogya Klaten itu harus meniru budaya jubahnya orang Arab, boleh memakai boleh tidak," kata Gus Miftah dikutip TimCerdikIndonesia Senin, 21 Februari 2022.

Dia pun berpesan warga Indonesia boleh memakai jubah, tapi sebaiknya untuk Jumatan atau ke masjid.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans 7 Hari Senin, 21 Februari 2022 : Ada Lapor Pak, Jejak Si Gundul, Si Unyil

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x