Jokowi Imbau Masyarakat Tenang Meski Kasus Lonjakan Covid-19 Nyaris Sentuh 10 Ribu Kasus

- 28 Januari 2022, 20:36 WIB
Covid-19 Melonjak Nyaris Sentuh 10 Ribu Kasus
Covid-19 Melonjak Nyaris Sentuh 10 Ribu Kasus /

CERDIK INDONESIA - Ini baru bulan pertama di tahun 2022, dan Indonesia terus mendapatkan kabar buruk. Pasalnya, bukannya mereda, kasus Covid-19 kembali melonjak naik hingga nyaris sentuh 10 Ribu kasus.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Lagi-lagi Indonesia Diguncang Gempa, Kali ini Gempa M5,2 Guncang Malang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak panik menghadapi lonjakan kasus positif virus corona (Covid-19). Hal itu ia sampaikan usai Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan tambahan konfirmasi positif Covid-19 mencapai 9.905 kasus.

Menanggapi hal ini, Presiden Indonesia Jokowi meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah sudah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk menghadapi lonjakan kasus. Ia meminta masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan sembari mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Saya minta tetap tenang dan tidak panik, laksanakan protokol kesehatan, dan kurangi aktivitas yang tidak perlu," kata Jokowi, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (28 Januari 2022).

Baca Juga: BREAKING NEWS! Ini Kronologi Dari Ledakan Hebat di Daerah Grobogan yang Hancurkan 1 Rumah!

Jokowi menyampaikan Covid-19 varian Omicron menimbulkan gejala ringan. Ia berkata tidak semua orang harus pergi ke rumah sakit saat merasakan gejala Covid-19.

Mantan wali kota Solo itu menyarankan warga untuk melakukan isolasi mandiri di rumah jika positif Covid-19. Menurutnya, pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan cukup isolasi mandiri selama 5 hari.

"Bila ada gejala batuk, demam, silakan gunakan layanan telemedicine atau ke puskesmas atau ke dokter terdekat. Dengan demikian, beban fasilitas kesehatan hingga rumah sakit bisa berkurang," ujarnya.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Virus Covid-19 Di Indonesia Terus Melonjak Hingga Tembus 9.905 Kasus Baru

Jokowi menutup pidatonya dengan doa untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dia berharap seluruh warga Indonesia bisa selamat dari pandemi Covid-19.

"Semoga kita semua ada di dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, aamiin ya rabbal alamin," tuturnya.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan 9.905 kasus pada hari Jumat (28/1). Jumlah itu menjadi laporan tertinggi sejak 2 September 2021. Kala itu, kasus harian menyentuh angka 8.955 kasus.

***

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x