Waspada! Dampak Fenomena La Nina, Sejumlah Wilayah ini akan Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

- 31 Oktober 2021, 10:16 WIB
BMKG Jelaskan penyebab suhu dingin di beberapa wilayah Indonesia
BMKG Jelaskan penyebab suhu dingin di beberapa wilayah Indonesia /Setkab/

CerdikIndonesia – Sejumlah wilayah provinsi di Indonesia kemungkinan dilanda hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang pada Minggu 31 Oktober 2021.

Hal ini diutarakan langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan perkiraan cuaca oleh BMKG, beberapa provinsi yang akan diterpa cuaca ekstrem tersebut antara lain, Provinsi Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Sementara itu cuaca serupa juga berpotensi terjadi di provinsi lain. Melansir ANTARA, wilayah-wilayah tersebut yaitu, Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Tengah, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Baca Juga: HUJAN Landa Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Timur: BMKG Sebut Waspada Siaga Banjir Selama 2 Hari Ini

Berbeda dengan wilayah lainnya, hujan dan angin kencang yang disertai petir di wilayah DKI Jakarta akan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada Minggu siang dan sore.

Sejumlah wilayah di Jawa Barat juga akan mengalami cuaca ektsrem. Hujan disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi pada Minggu siang dan sore di Depok, Bogor, Bekasi, Cianjur, Karawang, Subang, Sukabumi, Purwakarta, Bandung, Raya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Kuningan.

Mengenai hal tersebut, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati telah memberikan penjelasan lebih awal tentang waspada dampak fenomena La Nina di penghujung tahun 2021.

Baca Juga: Waspada! BMKG Prakiraan Akan Terjadi Hujan Lebat di Indonesia, Berikut Daftar Wilayahnya

Sejalan dengan fenomena tersebut, hasil kajian BMKG menerangkan bahwa dampak fenomena La Nina telah mengakibatkan curah hujan meningkat mulai November hingga Januari di beberapa wilayah.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah