Kemendikbud Akan Salurkan KIP Kuliah 2021 Untuk 200 Ribu Calon Mahasiswa, Berikut Cara Daftar Serta Syaratnya

- 18 Maret 2021, 09:55 WIB
Pendaftaran KIP Kuliah 2021 telah dibuka bagi para lulusan SMA sederajat.
Pendaftaran KIP Kuliah 2021 telah dibuka bagi para lulusan SMA sederajat. /Instagram.com/@kipkuliah.kemdikbud

CerdikIndonesia – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2021 ini kembali menyalurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk 200 ribu calon mahasiswa.

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah ini untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk tahun 2021.

Dilansir Cerdik Indonesia dari laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud pada Kamis, 18 Maret 2021, Pendaftaran KIP Kuliah ternyata sudah dibuka sejak 14 Maret hingga 31 Maret 2021.

Pendaftaran akun siswa yang hendak mendaftar KIP Kuliah sudah dibuka sejak tanggal 8 Maret 2021 kemarin sampai 31 Maret 2021.

Baca Juga: Pendaftaran KIP Kuliah Untuk SBMPTN Sudah Dibuka, Berikut Syarat Umum dan Syarat Khusus serta Cara Daftarnya

Jika sudah memiliki akun, calon mahasiswa bisa mendaftarkan KIP Kuliah sesuai dengan jalur masuk perguruan tinggi, baik itu SNMPTN, SNMPN, SBMPTN maupun jalur mandiri.

KIP Kuliah ini akan berguna untuk membantu mahasiswa yang memenuhi syarat ekonomi dan akademik dengan menjamin keberlangsungan kuliah dan memberikan pembebasan biaya kuliah serta bantuan biaya hidup bulanan.

Terdapat beberapa keuntungan bagi mahasiswa yang mengikuti program KIP Kuliah ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: HORE! Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Telah Dibuka, Ini Syaratnya dan Buruan Lengkapi Berkas Ini

1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x