Bersiap, Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Siang Ini

- 11 Maret 2021, 09:04 WIB
Ilustrasi program Kartu Prakerja gelombang 14, ada fitur barunya!
Ilustrasi program Kartu Prakerja gelombang 14, ada fitur barunya! /Instagram @prakerja.go.id

CERDIKINDONESIA - Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 13 sudah ditutup sejak hari Minggu tanggal 7 Maret 2021. Pengumuman peserta yang lolos pun sudah dilakukan melalui dashboard masing-masing akun peserta yang mendaftar. Dengan kuota hanya 600.000 tentu tidak semua peserta yang mendaftar berhasil lolos seleksi.

Sebelumnya sekilas tentang Program Kartu Prakerja seperti dikutip dari laman resmi www.prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Program ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi. Hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul, Indonesia maju.

Baca Juga: Baca Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 11 Maret 2021: WOW! Roni Berani Menyatakan Cinta Pada Nana

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Namun, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada:

 

  • Pejabat Negara;
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
  • Aparatur Sipil Negara;
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia;
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Kepala Desa dan perangkat desa; dan
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 11 Maret 2021: GAWAT! Alya Kembali Meluncurkan Menggoda Dewa

Peserta yang lolos menerima Program Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan insentif senilai Rp3,55 juta dengan rincian Rp1 juta saldo pelatihan yang tidak bisa dicairkan dan insentif Rp2,55 juta yang dicairkan secara bertahap setelah mengikuti pelatihan dan survei kebekerjaan.

Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 14 hari ini Kamis 11 Maret 2021 pada pukul 12.00WIB. Disampaikan oleh Direktur Eksekutif Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari “Besok pukul 12.00 WIB akan dibuka Program Kartu Prakerja gelombang ke-14.Jadi buat sobat Prakerja yang belum berhasil di gelombang 12 atau gelombang 13 jangan berkecil hati,” dikutip dari channel YouTube KPCPEN kemarin Rabu 10 Maret 2021.

Baca Juga: Kode Redeem FF Terbaru 11 Maret 2021, Ayo Segera Tukarkan Kode dengan Award Gratis dari Garena

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: www.prakerja.go.id KPCPEN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x