Sejarah Lahirnya Perayaan Hari Perempuan Internasional 8 Maret

- 8 Maret 2021, 07:55 WIB
Ilustrasi: Hari Perempuan Sedunia
Ilustrasi: Hari Perempuan Sedunia /Karawangpost/pixabay/Hansuan_Fabregas

CerdikIndonesia - Senin, 8 Maret 2021, tepat hari ini perayaan Hari Perempuan Internasional dirayakan.

Pada perayaan ini, para perempuan dunia merayakan hari ini dengan suka cita, segala aspek yang dimiliki perempuan mulai dari karir, keuangan, hak dan lain sebgaianya.

Ida Fauziah sebagai salah satu menteri perempuan dalam Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo - Ma'ruf Amin, yang menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia juga turut hadir merayakan Hari Perempuan Internasional melalui akun Instagram @kemnaker.

"Sejarah bangsa Indonesia tidak lepas dari peran besar perempuan, begitupun masa depannya. Saatnya perempuan Indonesia menjadi bagian penting membangun bangsa," tulis akun Instagram @kemnaker dengan menyertakan gambar Ida Fauziah dalam unggahannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mengapa tanggal 8 Maret menjadi perayaan Hari Perempuan Internasional? simak sejarah berikut ini.

Dikutip dari Galamedia.com, melalui artikel 8 Maret 2021 Perayaan Hari Perempuan Internasional, Ternyata Ini Sejarahnya

Hari Perempuan Internasional  ini berawal pada tahun 1908.

Ternyata pada tahun itu terjadi penindasan besar-besaran pada perempuan sehingga membuat mereka harus lebih vokal lagi dalam menyuarakan pendapat.

Sebanyak 15 ribu perempuan di New York menuntut keadilan mengenai jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik dan hak suara.

Kemudian di tahun 1909, deklarasi Partai Sosialis Amerika menyampaikan Hari Perempuan Nasional (NWD) diperingati dpada 28 Februari di Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x