Kontroversi Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Ganjar: Tidak Semua Bisa Kita Produksi Sendiri

- 5 Maret 2021, 16:36 WIB
Presiden Jokowi gaungkan semangat benci produk asing dan cinta produk Indonesia.
Presiden Jokowi gaungkan semangat benci produk asing dan cinta produk Indonesia. /Screenshot/Biro Setpres/Tangkapan layar

CERDIKINDONESIA – Presiden Jokowi menjadi sorotan karena menggaungkan membenci produk luar negeri. Bermacam reaksi langsung ditujukan kepada orang nomor satu di Indonesia itu.

Salah satu yang ikut berkomentar adalah Ganjar Pranowo atas kontroversi tersebut. Ia mengartikan bahwa pernyataan Presiden Jokowi yang menggaungkan untuk membenci produk luar negeri sebagai salah satu bentuk keberpihakan pada produk-produk dalam negeri.

Baca Juga: Akhirnya, KLB Tetapkan Moeldoko Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025

"Mungkin kalimat membenci itu dalam arti untuk menegaskan keberpihakan kita karena faktanya tidak semua bisa kita produksi sendiri, namun saya mencermatinya atas narasi yang disampaikan oleh Pak Presiden kalau saya menerjemahkan, ayo pakai produksi dalam negeri secara serius dan memang mesti ada insentif yang diberikan," ujarnya, pada Jumat, 5 Maret 2021.

Ganjar Pranowo menilai interpretasinya sudah diterapkan olehnya di Jawa Tengah, dengan memberikan insentif dan pendampingan.

Baca Juga: SPOILER Sinopsis Ikatan Cinta 5 Maret 2021 : Andin Tiba-tiba Menghilang, Al Langsung Panik

Akan tetapi, juga dengan membeli produk-produknya dan mempermudah proses jika UMKM harus masuk dalam e-katalog.

"Umpama dia harus masuk ke e-katalog, ya itu dipermudah, maka kita punya aplikasi nanti yang kita siapkan namanya 'Blangkon Jateng' itu nanti kita pakai untuk memudahkan penunjukkan langsung (barang) yang di bawah Rp200 juta, tapi transparan dan ini kita pakai untuk membeli produk dalam negeri dan sebenarnya kita hanya butuh praktik saja, kalau Pak Presiden bilang gitu mau gak ikut kita?" tuturnya.

Baca Juga: Ada Kabar Kurang Mengenakan Datang dari Arya Saloka dan Amanda Manopo, Sinetron Ikatan Cinta Turun Rating

Halaman:

Editor: Sara Salim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x