NGERI! Satelit Tangkap Aktivitas China yang Dirikan Pangkalan Militer Besar di Laut Natuna Utara

- 22 Februari 2021, 11:00 WIB
Pembangunan Pangkalan Militer di Laut Natuna Utara oleh China. Perbandingan lokasi pada 2020 (kiri) dan Februari 2021 (kanan).
Pembangunan Pangkalan Militer di Laut Natuna Utara oleh China. Perbandingan lokasi pada 2020 (kiri) dan Februari 2021 (kanan). /Simularity via tangkap layar News Australia/News Australia

 CERDIKINDONESIA – Baru-baru ini China kembali menunjukkan keagresifannya dalam upaya merebut perairan Laut Natuna Utara.

Persengkataan Laut Natuna Utara kembali menyulut ketegangan antara China dan negara-negara yang berada di kawasan itu.

China mengklaim kepemilikan atas Laut Natuna Utara yang notabene punya segudang sumber daya alam.

Sayangnya klaim itu harus pupus karena undang-undang laut internasional atau United Nations Convention for the Law of the Sea (UNCLOS) oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga: GERAM!! Astrid Kuya Marah Besar Terkait Berita Sang Suami Meninggal Dunia Begini Komentarnya

Hal itu tak membuat China surut dan tetap melanggar batas-batas yang ditentukan. Angkatan militer negeri tirai bambu tersebut bahkan mengerahkan pasukannya untuk selalu berlatih demi berjaga-jaga jika suatu saat terjadi peperangan.

China bahkan mengesahkan undang-undang yang mengizinkan penjaga laut mengambil aksi maupun menembaki kapal asing yang berani menjamah wilayahnya.

Selain itu, China disebut telah memperbanyak peralatan canggih untuk mendukung kekuatan militer mereka.

Baru-baru ini citra satelit menangkap pergerakan China yang begitu agresif. China kepergok membangun pangkalan militer besar-besaran di Laut Natuna Utara.

Halaman:

Editor: Sara Salim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x