Aduh! Potensi Banjir Serbu 15 Provinsi Ini, BMKG Beri Peringatan Dini

- 20 Februari 2021, 19:56 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi akses jalan menuju gerbang tol Jakarta-Cikampek, di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat.
Sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi akses jalan menuju gerbang tol Jakarta-Cikampek, di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat. /ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

CERDIKINDONESIA - Badan Meteorologi dan klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kepada 15 provinsi di Indonesia untuk waspada terhadap banjir.

Potensi hujan yang lebat ini menjadi penyebab adanya banjir, untuk itu BMKG berharap masyarakat dapat waspada khususnya pada Sabtu ini hingga besok, Minggu, 21 Februari 2021.

Seperti disampaikan oleh Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin yaitu Rizqi Nur Fitriani, Kalimantan Selatan diprediksi banjir bandang.

Baca Juga: Waduh! Jakarta Berpotensi Banjir Lagi, BMKG Peringatkan Siap Siaga

“Kalimantan Selatan salah satu daerah yang berstatus waspada akan dampak banjir atau bahkan banjir bandang ini," kata Rizqi Nur Fitriani dikutip dari ANTARA, Sabtu, 20 Februari 2021.

Selain Kalimantan Selatan, 14 provinsi lainnya yang berstatus siaga yaitu Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Selain itu Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua Barat juga termasuk berstatus waspada.

Baca Juga: SEDIH! Puluhan Paus Pilot yang Mati Terdampar di Pantai Modung Bangkalan Madura Akhirnya Dikuburkan

Status ini diberikan melihat prakiraan cuaca dari BMKG yang melihat adanya potensi banjir akibat hujan lebat.

Halaman:

Editor: Sara Salim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x