TERBARU! Hanya 7 Bansos yang Dijamin Dilanjutkan Tahun 2021, Menkeu Sri Mulyani Beri Bocoran Mengejutkan

- 5 Februari 2021, 10:42 WIB
Menkeu Sri Mulyani.
Menkeu Sri Mulyani. /setkab.go.id

 

CERDIKINDONESIA - Menteri Keuangan Sri Mulyani baru saja mengumumkan tujuh jenis Bansos (Bantuan Sosial) yang dipastikan berlanjut ditahun 2021. Bansos ini adalah bansos yang masuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021, berikut ini daftarnya.

“Anggaran PEN tahun ini Rp533,1 triliun. Angka ini masih sangat preliminary. Semalam kami baru diskusi dengan kementerian dan Kemenko lain angka ini meningkat sampai level Rp619 triliun,” katanya dalam acara Mandiri Investment Forum 2021 di Jakarta, Rabu 3 Februari 2021.

Sementara itu, Sri Mulyani menyebutkan anggaran PEN 2021 yang berjumlah Rp533,1 triliun memiliki fokus pada empat bidang yaitu kesehatan, perlindungan sosial, program prioritas, serta UMKM dan pembiayaan korporasi.

Baca Juga: Pemerintah Pungut Cukai Lebih Mahal, Harga Rokok Resmi Naik Mulai 1 Februari Kata Menkeu Sri Mulyani

Untuk bidang kesehatan mendapat alokasi sebesar Rp104,7 triliun yang digunakan untuk pengadaan dan operasional vaksin COVID-19, sarana, prasarana, dan alat kesehatan, biaya klaim perawatan, insentif tenaga kesehatan dan santunan kematian, serta bantuan iuran BPJS untuk PBPU/BP.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI
Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI // instagram.com /@smindrawati

Untuk program prioritas dialokasikan Rp141,36 triliun yang difokuskan pada dukungan pariwisata, ketahanan pangan, pengembangan ICT, pinjaman ke daerah dan subsidi ke daerah, padat karya K/L, kawasan industri, serta program prioritas lainnya.

Untuk bidang UMKM dan pembiayaan korporasi dialokasikan Rp150,06 triliun dengan fokus pada subsidi bunga KUR dan non-KUR, IJP korporasi dan UMKM, penempatan dana, serta penjaminan loss limit dan korporasi.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x