Profil Risma Menteri Sosial Baru yang Gantikan Juliari Batubara

- 22 Desember 2020, 16:53 WIB
Mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menggantikan Juliari P Batubara sebagai Menteri Sosial/Instagram.com/ @trirismaharini01
Mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menggantikan Juliari P Batubara sebagai Menteri Sosial/Instagram.com/ @trirismaharini01 /Instagram.com/ @trirismaharini01

CerdikIndonesia - Pasca-Pilkada Surabaya 2020 nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini santer terdengar akan menggantikan sosok Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara yang ditangkap KPK atas kasus korupsi.

Tri Rismarini lahir di Kediri, Jawa Timur pada 20 November 1961. Ia dan keluarganya pindah ke Surabaya  pada usia remaja, sehingga menghabiskan sebagian besar hidupnya di Surabaya.

Baca Juga: Ketua GP Ansor Gus Yaqut jadi Menteri Agama Lengserkan Fachrul Razi

Risma mendapatkan pendidikan di SMA Negeri 5 Surabaya, sekolah favorit di Jawa Timur.

Anak ketiga dari lima bersaudara ini melanjutkan studi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) jurusan Arsitektur dan lulus tahun 1987.

Baca Juga: Gantikan Terawan, Berikut Profil Budi Gunadi Sadikin

Risma meniti karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejak tahun 1990-an. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan lagi di pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota di ITS dan lulus pada 2002.

Selama di Pemkot Surabaya, Risma menjabat sebagai Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya (2001), Kepala Cabang Dinas Pertamanan Kota Surabaya (2001), Kepala Bagian Bina Pembangunan (2002), Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (2005), Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (2005), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (2008).

Baca Juga: Tiga Menteri Baru Jokowi Merupakan Pengusaha

Karier Risma semakin gemilang kala Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusungnya menjadi Wali Kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2010.***

 

Editor: Arjuna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah