Panduan Bacaan Sholat, Latin & Arab Beserta Terjemahannya

- 7 Desember 2020, 16:20 WIB
Ilustrasi orang sedang menunaikan ibadah sholat
Ilustrasi orang sedang menunaikan ibadah sholat /e-solat.gov

CERDIK INDONESIA - Sholat adalah amalan di dalam rukun Islam yaitu rukun Islam kedua. Amalan ini wajib dikerjakan bagi seorang muslim yang sudah baligh dan berakal.

Meskipun bila ada yang belum baligh tetapi sudah mulai berakal maka sudah diwajibkan untuk sholat. Ada 5 sholat yang wajib untuk dijalankan yaitu shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

Dalam sholat terdapat rukun yang harus dilakukan yakni Berdiri bagi yang masih mampu, mengucapkan niat di dalam hati, mengucapkan takbirotul ihram, membaca surat Al-Fatihah di setiap rakaat, rukuk dan tumaninah, membaca iktidal setelah rukuk dan tumaninah, menjalani sujud dua kali, duduk di antara dua sujud, duduk tasyahud akhir, membaca doa tasyahud akhir, membaca salawat Nabi Saw saat tasyahud akhir, salam pertama dan harus tertib melakukan rukun shalat secara berurutan.

Baca Juga: Begini Bunyi Niat Sholat Tahajut yang di Lafadzkan Latin

Ada beberapa tutunan bacaan sholat beserta gerakannya yang harus dilakukan. Berikut penjelasan beserta artinya:

1. Niat

Setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Sehingga niat menjadi hal yang wajib untuk dilakukan sebelum melakukan sebuah amalan. Termasuk dalam sholat, terlepas tentang fiqh apakah niat tersebut diungkapkan ataupun cukup dalam hati.

- Niat Sholat Subuh

أصلي فرض الصبح ركعتين مستقبل القبلة أداء/مأموما/إماما لله تعالى

Halaman:

Editor: Arjuna


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x