Jokowi Bisa Atasi Intoleransi?

- 17 November 2020, 10:14 WIB
Presiden Jokowi: Presiden Jokowi mengingatkan dengan tegas bahwa disiplin protokol kesehatan harus ditegakkan demi keselamatan rakyat. /Setkab
Presiden Jokowi: Presiden Jokowi mengingatkan dengan tegas bahwa disiplin protokol kesehatan harus ditegakkan demi keselamatan rakyat. /Setkab /

CERDIK INDONESIA – Presiden Joko widodo dianggap bisa mengatasi intoleransi antar umat beragama yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur  Riset Setara Institute, Halili Hasan. Halili  mengaku prihatin dengan adanya perilaku intoleransi beragama yang disampaikan Presiden dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-37.

Baca Juga: Vaksin tak 100% Sembuhkan Corona?

"Presiden Jokowi memiliki segala kewenangan politik dan hukum yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan terukur dalam kerangka demokrasi untuk mengatasi persoalan akut intoleransi di Indonesia," kata Halili, Selasa 17 November 2020.

Halili juga mengungkapkan bahwa dirinya berharap besar kepada Jokowi saat kepemimpinannya pertamakali tahun 2014 untuk menyelesaikan perilaku intoleransi masyarakat yang sudah berlangsung sejak lama.

Baca Juga: Tak Hanya Anies, Ridwan Kamil Harus Diperiksa Polda Terkait Rizieq

"Namun merujuk pada situasi objektif terkini, harapan publik terhadap Pemerintahan Jokowi memudar," ujarnya.

"Periode pertama kepresidenan Jokowi tidak menghasilkan teroboson yang signifikan dalam pemajuan toleransi dan kebebasan beragama/berkeyakinan," pungkasnya.

Baca Juga: Breaking News: Tolak Omnibus Law, Aliansi Malang Melawan Lakukan Aksi Siang Ini

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x