Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Hilirisasi Industri Terus Dipacu

- 26 Oktober 2020, 23:16 WIB
Kementrian perindustrian /Anasbukhori/

CerdikIndonesia - Setahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, berbagai kebijakan strategis telah dikeluarkan dalam upaya pengembangan sektor industri di tanah air yang lebih mandiri dan berdaya saing, salah satunya dengan terus memacu hilirisasi industri.

Baca Juga: Mau Tak Mau, UMKM Harus Merambah Dunia Digital di Kala Pandemi

Dalam pidatonya seusai pelantikan pada tahun lalu, Presiden menyampaikan lima program prioritas untuk lima tahun, yakni pengembangan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi dari sumber daya alam (SDA) menjadi industri bernilai tambah.

 

Baca Juga: Beginilah Hubungan Indonesia dan Selandia Baru Selama Pandemi Covid-19

Menindaklanjuti arahan Presiden tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus melaksanakan sejumlah program prioritas, antara lain melaksanakan kebijakan hilirisasi, pendidikan dan pelatihan vokasi, serta memacu sektor industri kecil menengah (IKM).

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/10), menegaskan, pihaknya terus mendorong hilirisasi industri agar tetap berjalan dengan baik, karena selama ini aktivitas tersebut dinilai mampu memberikan dampak yang luas bagi perekonomian nasional. Efek positif itu di antaranya penerimaan devisa dari ekspor dan penyerapan tenaga kerja.

 

Baca Juga: Unpad Ciptakan Pasta Gigi Ramah Lingkungan, Solusi Kurangi Limbah Plastik

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X