Cerita Pilu Petani Kopiku,

- 26 Oktober 2020, 21:59 WIB
Oleh Melli Saputri Penulis adalah seorang jurnalis, dan petani kopi berasal dari Dataran Tinggi Gayo.
Oleh Melli Saputri Penulis adalah seorang jurnalis, dan petani kopi berasal dari Dataran Tinggi Gayo. /awangmuda/

CERDIKINDONESIA - “Engon ko so tanoh Gayo Si megah mu reta dele Rum batang uyem si ijo kupi bako e Pengen ko tuk ni korek so Uwet mi ko tanoh Gayo Seselen pumu ni baju netah dirimu Nti daten bur kelieten Mongot pude deru Oya le rahmat ni Tuhen ken ko bewenmu Uwetmi ko tanoh Gayo Semayak bajangku Ken tawar roh munyang datu uwetmi masku Ko matangku si mumimpim Emah ko uyem ken soloh Katiti kiding nti museltu ilahni dene Wo kiding kao ken cermin Remalan enti berteduh Nti mera kao tang duru Bon jema dele Nti osan ku pumun jema Pesaka si ara Tenaring ni munyang datu ken ko bewen mu Uwet mi ko tanoh Gayo Ko opoh bajungku Ken tawar’n roh munyang datu uwetmi masku” Cipta; Ar Moese

LIHAT Tanah Gayo ku yang megah dan penuh dengan kekayaan alam, batang cemara dan hijau nya daun kopi menjadi bako di semenanjung Alam. Dengarkanlah suara ayam-ayam yang menyuruh bangunnya rakyat gayo dan naikkan lengan bajumu.

Bur Kelieten rahmat Allah untuk kita semuanya bangunlah engkau rakyat gayo untuk tawar ruh nenek moyang, bangun lah kita saudara.

Lagu di atas meggambarkan Gayo adalah anugrah terindah dan rahmat yang Allah berikan kepada kita Aceh. Dan kami akan mempertahankan hak kami, Budaya kami mengajarkan sistem norma yang mengatur 'cara-cara merasa dan bertindak'. Adat istiadat sebagai salah satu unsur kebudayaan Gayo yang menganut prinsip "Mukemel, Tertip, Keramat, Mupakat, Behu Berdedale" (Kemuliaan karena mufakat, kebersamaan untuk kekuatan).

Siapa Yang Tidak Kenal Dataran Tinggi Gayo ?
Sebuah daratan yang memiliki unik dan peka terhadap alam ini. Dataran tinggi gayo juga sangat termegah dengan perkebuan kopi yang merupakan warisan nenek moyang yang dikenal sebagai "Kopi Gayoku".

Pepohonan yang hijau,suasana yang sejuk dan kami lahir di tanah pusaka dikandung didikan juwa di Gayo.

Tidak kalah saing nan bahasa yang muncul juga mempunyai beberapa daerah yaitu Bener meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues. Ketiga daerah ini merupakan wilayah inti yang berada di Dataran Gayo.

Daerah ini memiliki masyarakat yang hampir rata sebagai petani kopi, Mereka merawat kopi dengan penuh kasih sayang. pergi mata hari menjelang hingga petang mendatang.

Akan tetapi ada masalah dengan penghasilan mereka, eist...... tapi bukan penghasilnnya yang salah melainkan pemasaran mereka yang sangat miris malang sekali petani ku.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x