Pertamina dan Kemendagri Targetkan 40Ribu Pertashop Hingga Tahun 2024

- 24 Oktober 2020, 10:26 WIB
PERTASHOP - Warga melintas di Jalan Parit Kubang tepat di depan outlet Pertashop Desa RJU
PERTASHOP - Warga melintas di Jalan Parit Kubang tepat di depan outlet Pertashop Desa RJU /Ocsya Ade CP/

CerdikIndonesia - Mendukung perkembangan ekonomi dan kemandirian desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) melalui pembangunan target 40 ribu outlet Pertashop hingga tahun 2024, sebagai lembaga penyalur resmi BBM, LPG, dan pelumas Pertamina berskala kecil yang digalakkan di desa-desa seluruh Indonesia. 

Pada Rabu (21/10) di Tangerang Selatan, Banten, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia, melalui kegiatan sosialisasi bersama Kemendagri RI.

Dalam kegiatan tatap muka yang bersifat terbatas dan mematuhi protokol kesehatan itu, sosialisasi disampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading Pertamina Mas’ud Khamid kepada Kepala Desa se-Provinsi Banten yang terbubung secara virtual.

Baca Juga: Pertamina dan Gubernur Kaltim Tanda Tangani Kesepakatan Bersama

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Nata Irawan menyampaikan, Kemendagri RI akan melakukan pembinaan dan pengawasan secara umum kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta Penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk percepatan pencapaian target program pertashop ini.

“Dalam hal tindak lanjut kerja sama ini, saya minta komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota yang hadir, agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya serta mendukung percepatan perizinan yang diperlukan untuk pelaksanaan program kerja sama Pertashop di Desa dengan sebaik-baiknya,” jelas Nata Irawan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Mas’ud Khamid mengatakan Pertamina sebagai agent of development selalu mendorong pertumbuhan ekonomi negara agar semakin berkembang, salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Untuk itu, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Tren Kasus Berkurang, Ini Langkah Penanganan Covid-19 oleh Kemenkes di 3 Provinsi

“Sejalan dengan program Pertamina One Village One Outlet, Pertamina akan memprioritaskan lembaga desa sebagai pengelola Pertashop. Kami harap kehadiran Pertashop dapat mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat desa, sekaligus menggerakkan perekonomian di desa. Sehingga masyarakat dapat langsung merasakan kehadiran Pertamina,” ujar Mas’ud.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x