Ini Hasil Pertemuan PM Jepang dan Presiden Jokowi

- 21 Oktober 2020, 21:51 WIB
Tangkapan layar Presiden Jokowi sambut kunjungan PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor.
Tangkapan layar Presiden Jokowi sambut kunjungan PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor. /Youtube/ Sekretariat Presiden

CerdikIndonesia - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga, Selasa (20/10), melakukan lawatan ke Indonesia. Kedatangan PM Suga disambut oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo, PM Suga mengungkapkan bahwa kunjungan ke Indonesia kali ini merupakan rangkaian perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjadi Perdana Menteri Jepang, September lalu.

Baca Juga: Indonesia Terima Surat Kepercayaan dari Tujuh Duta Besar LBBP, Ini Maksudnya

“Saya merasa sangat senang dapat mengunjungi Indonesia yang merupakan negara besar di ASEAN, dalam lawatan pertama keluar negeri sejak saya menjabat sebagai perdana menteri,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi penyambutan yang dilakukan oleh Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. “Saya mengucapkan terima kasih atas ketulusan dan kehangatan hati Bapak Presiden Joko Widodo dalam menyambut kami di Istana Kepresidenan Bogor,” ucapnya.

Baca Juga: Menaker Susun RPP Soal UU Cipta Kerja dalam Waktu Tiga Bulan, Apa Alasannya

Kesepakatan Jepang-Indonesia
PM Suga menyampaikan komitmen negara yang dipimpinnya untuk berkontribusi demi perdamaian dan kesejahteraan kawasan. Ia menilai ASEAN memainkan peranan penting dalam mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. “Jepang secara penuh mendukung ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang dipelopori Indonesia untuk diadopsi,” ujarnya.

Pemerintah Jepang juga menyatakan komitmennya untuk berkontribusi meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana di Indonesia, terutama menanggulangi dampak pandemi COVID-19. “Jepang akan mendorong kerja sama terhadap lembaga pengkajian kesehatan di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Antisipasi Mobilitas Masyarakat di Libur Akhir Oktober, Tekan Covid-19

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x