Mendagri Klaim Corona Bisa Dikalahkan dengan Alkohol, Ini Katanya

- 16 Oktober 2020, 20:31 WIB
Mendagri Tito Karnavian klaim virus corona bisa dihancurkan dengan alkohol 70 persen dan sinar ultraviolet
Mendagri Tito Karnavian klaim virus corona bisa dihancurkan dengan alkohol 70 persen dan sinar ultraviolet /- Foto : Instagram @kemendagri

CerdikIndonesia - Berbagai spekulasi di tengah pandemi Covid-19 terus bermunculan, mulai dari yang terkesan menakut-nakuti hingga yang meremehnya penyebaran virus ini. Kali ini datang dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang turut menyampaikan pandangannya terkait virus corona.

Tito Karnavian mengklaim virus corona (Covid-19) mudah dihancurkan dengan alkohol 70 persen dan sinar ultraviolet, karena pada virus Covid-19 memiliki kandungan lemak.

Baca Juga: Saatnya Persiapkan Diri, Pemerintah Buka 1 Juta Kuota CPNS 2021, Ini Syarat dan Formasinya!

"Virus ini virus yang berlemak, maka dia termasuk lemah. Cara mematikannya adalah menghancurkan materi genetik RNA di bagian dalamnya," kata Tito dalam acara Kampanye Nasional Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang ditayangkan melalui kanal Youtube Katadata Indonesia, Kamis (15/10).

Selain alkohol diatas 70 persen, Tito menambahkan, virus corona bisa hancur dengan mengunakan hand sanitizer.

Baca Juga: UGM Ciptakan GeNose, Bisa Deteksi Virus Covid-19 Secara Cepat, Tinggal Tunggu Izin Edar Kemenkes!

"Kita bisa hancurkan virus ini dengan menghancurkan selaput lemaknya. Kalau selimutnya dihancurkan, itu virusnya akan hancur," ungkap Tito.

Hingga hari ini, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 349.160 orang. Dari jumlah tersebut, 273.661 orang dinyatakan sembuh dan 12.268 orang lainnya meninggal dunia. Mari terus tingkatkan protokol kesehatan diri dan lingkungan kita untuk memutus penyebaran virus corona.

 

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x