Jumlah Kasus Aktif Terbesar, Jokowi Minta 8 Provinsi Prioritaskan Penanganan Covid-19, Mana Saja?

- 15 Oktober 2020, 16:50 WIB
Ilustrasi vaksin COVID-19
Ilustrasi vaksin COVID-19 /blorakab.go.id/

CerdikIndonesia - Presiden Joko Widodo memerintahkan agar upaya pengendalian pandemi Covid-19 di delapan provinsi prioritas terus ditingkatkan dan dimonitor dengan ketat. Kedelapan provinsi yang berkontribusi besar terhadap jumlah kasus aktif nasional tersebut yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Baca Juga: Song Mino WINNER Rilis Teaser Comeback Solo

Disampaikan Presiden, berdasarkan laporan yang diperolehnya, dari delapan provinsi prioritas tersebut, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan telah menunjukkan perbaikan dalam penanganan Covid-19.

“”Saya mencatat dari angka-angka yang ada, Provinsi Jawa Timur (dan) Provinsi Sulawesi Selatan menunjukkan perbaikan dalam pengendalian pandemi Covid-19. Saya kira ini bisa dijadikan contoh provinsi-provinsi yang lain,” tegas Presiden.

Baca Juga: Billboard Music Award Telah Berakhir, Simak Daftar Pemenangnya

Lebih khusus, Presiden meminta agar dalam dua minggu ke depan upaya penanganan Covid-19 diprioritaskan pada 12 kabupaten/ kota yang memiliki kontribusi sebanyak 30 persen dari total kasus aktif nasional.

12 kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif lebih dari 1.000 kasus tersebut adalah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Kota Pekanbaru, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Padang, Kota Jayapura, dan Kota Ambon.

Terkait data mengenai kasus Covid-19, disampaikan Presiden, berdasarkan laporan yang diterimanya, rata-rata kasus aktif per Oktober mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Rata-rata kasus aktif Covid-19 di Indonesia per 11 Oktober adalah 19,97 persen.

Baca Juga: Luhut Ingatkan Masyarakat Antisipasi Bencana Dampak La Nina, Pantau Terus Peringatan dari BMKG!

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x