Luhut Ingatkan Masyarakat Antisipasi Bencana Dampak La Nina, Pantau Terus Peringatan dari BMKG!

- 15 Oktober 2020, 08:47 WIB
Ilustrasi fenomena La Nina menyebabkan curah hujan tinggi.
Ilustrasi fenomena La Nina menyebabkan curah hujan tinggi. /Pixabay.com/David Mark

CerdikIndonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan masyarakat untuk mengantisipasi dampak bencana yang dipicu oleh fenomena La Nina di kawasan Pasifik. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk memerhatian peringatan-peringatan yang disebarluaskan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofiska (BMKG).

“Kita juga minta supaya masyarakat juga ikut membantu, jangan sampai tidak menuruti warning (peringatan) yang sudah disebarluaskan oleh BMKG,” ujar Luhut usai mengikuti Rapat Terbatas melalui konferensi video mengenai Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Selasa (13/10) pagi.

Baca Juga: Mendagri Siap Sosialisasikan UU Cipta Kerja ke Kepala Daerah, Sehingga Ada Kesamaan Visi!

Dalam Ratas, ujar Luhut, dilaporkan perkiraan kondisi cuaca di Indonesia selama enam bulan ke depan. “La Nina di Pasifik itu akan berpengaruh kepada hujan di Indonesia dan hujan di Indonesia ini curahnya akan bisa naik sampai 40 persen,” ujar Luhut mengutip penjelasan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Kepala BMKG juga melaporkan mengenai kemungkinan terjadinya multibencana akibat fenomena tersebut.

“Misalnya sekarang ini diramalkan juga mulai Oktober ini akan banyak hujan deras dan itu juga akan bisa terjadi longsor, mungkin saja ada tsunami, mungkin saja ada gempa bumi,” kata Menko Marves.

Baca Juga: Kemenag Targetkan 3.283 UMK Dapatkan Program Sertifikasi Halal, Semuanya Gratis!

Jika terjadi bencana tersebut, lanjutnya, juga akan memengaruhi kondisi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. “Itu juga berpengaruh pada tadi Covid-19. Ini karena (akan) ada pengungsian dan sebagainya,” kata Luhut.

Terkait upaya pemerintah dalam mengantisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi akibat dampak dari fenomena La Nina ini, kata Menko Marves, Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar langkah-langkah yang diambil didasari oleh data yang disampaikan oleh BMKG.

Baca Juga: Hari ini, Presiden Joko Widodo Terima Draft Final UU Cipta Kerja

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x