Jangan Lupa Tunaikan Sholat Witir! Inilah Keutamaannya

- 27 Juni 2024, 18:58 WIB
Amalan mulia sholat tahajud memberikan banyak pahala bagi umat Muslim. Dengan niat yang benar, doa yang tulus, dan khusyuk dalam pelaksanaannya, kita mendekatkan diri kepada Allah SWT di waktu yang istimewa.
Amalan mulia sholat tahajud memberikan banyak pahala bagi umat Muslim. Dengan niat yang benar, doa yang tulus, dan khusyuk dalam pelaksanaannya, kita mendekatkan diri kepada Allah SWT di waktu yang istimewa. /Tokopedia/

Cerdik Indonesia - Salah satu sholat sunah yang senantiasa dilakukan oleh Rosullulah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sholat sunah witir.  Sholat witir adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari antara setelah waktu isya dan sebelum waktu salat subuh, dilakukan dengan cara rakaat ganjil, misalkan satu, tiga, lima, dan seterusnya.

Baca Juga: Tegas! Mendagri Ancam Akan Beri Sanksi ke Kepala Daerah yang Main Judi Online

Ada keistimewaan sholat witir yang membuat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan kepada para sahabat beliau agar senantiasa mengerjakannya. Beliau juga menganjurkan melaksanakan sholat witir karena amalan sunnah yang satu ini banyak memiliki beberapa keutamaan dan Rasulullah sendiri mencontohkan secara rutin bagaimana ia mengerjakan sholat sunah witir di akhir malam setelah bangun dari tidurnya.

Meskipun Ibadah sholat witir merupakan ibadah yang sangat sering dilakukan Rosul, bukan berarti status hukumnya adalah wajib, akan tetapi hukumnya adalah sunnah. Sebagaimana hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu yang artinya: "Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunah yang biasa dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam." (HR. An Nasa’i dan Tirmidzi).

Baca Juga: Luar Biasa! Sprinter Muhammad Zohri Selalu Catat Waktu di Bawah 10 Detik

Berdasarkan penjelasan yang dikutip dari situs mui.or.id bahwa Shalat witir ini, sebenarnya bertujuan untuk mengimbangi shalat maghrib. Kalau shalat siang itu akhirnya (penutupnya) adalah shalat magrib dan itu ganjil, maka shalat malam akhirnya juga ganjil yaitu shalat sunnah witir. Keduanya sama-sama ganjil, hanya bedanya, yang akhirnya shalat siang yaitu Maghrib itu fardhu, sementara shalat witir itu sunnah.

Adapun beberapa keutamaanya adalah sebagai berikut:

Pertama sholat yang dicintai Allah

“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah