Apa itu Paskah? Berikut Penjelasannya Lengkapnya

- 7 April 2023, 17:29 WIB
ilustrasi. apa itu paskah?
ilustrasi. apa itu paskah? /Pixabay/ congerdesign

CERDIK INDONESIA - Paskah adalah salah satu perayaan penting dalam agama Kristen yang dirayakan setiap tahunnya. Paskah jatuh pada hari Minggu pertama setelah purnama paschal, yang merupakan hari pertama bulan lunar Yahudi Nisan.

 

Perayaan Paskah berlangsung selama 40 hari, dimulai pada hari Minggu Paskah dan berakhir pada hari Kenaikan Yesus Kristus.

Secara harfiah, kata Paskah berasal dari bahasa Ibrani “Pesach”, yang berarti “melewati”. Paskah merujuk pada peringatan melewatinya maut pada saat keluarga-keluarga Yahudi keluar dari Mesir menuju Tanah Kanaan, seperti yang diceritakan dalam Kitab Keluaran dalam Alkitab.

Baca Juga: Mengapa Paskah Identik dengan Telur? Ternyata ini Alasannya

Bagi umat Kristen, Paskah memiliki makna yang lebih dalam. Paskah merupakan peringatan akan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, putra Allah yang dikirim ke dunia untuk menebus dosa-dosa manusia. Yesus mati di kayu salib pada hari Jumat Agung dan bangkit dari kematian pada hari Minggu Paskah.

Perayaan Paskah di gereja Kristen diawali dengan ibadah Malam Paskah pada hari Sabtu malam, di mana umat Kristen berkumpul untuk memperingati kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Setelah itu, pada hari Minggu Paskah, gereja mengadakan ibadah khusus dengan lagu-lagu dan doa-doa khusus yang menunjukkan kegembiraan dan sukacita atas kebangkitan Kristus.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah