Kumpulan Contoh-Contoh Ceramah Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan: Pendengar Langsung Nyimak dan Tidak Mengantuk

- 15 Maret 2024, 16:08 WIB
Masjid Istiqlal. niat Sholat Tarawih dan Witir saat Ramadhan
Masjid Istiqlal. niat Sholat Tarawih dan Witir saat Ramadhan /ANTARA /Asep Firmansyah

CerdikIndonesia - Sebentar lagi, umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa dibulan suci ramadhan, berikut ini beberapa contoh ceramah dibulan ramadhan.

Disaat bulan suci ramadhan, semua masjid akan dipenuhi oleh ceramah ataupun khutbah setelah shalat terawih. 

Berikut ini contoh ceramah ramadhan yang dikutip dari website NU Online:

Jamaah sholat teraweh yang dicintai Allah:

Sebagai umat Muslim, hendaknya kita senantiasa bersyukur datas segala karunia Allah SWT. Dengan selalu bersyukur, diharapkan ini akan semakin mengokohkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan cara menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Ketakwaan kita kepada Allah ini merupakan tujuan juga barometer kesuksesan setiap individu dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang. Hal ini termaktub dalam Al Quran ayat 183 surat Al-Baqarah yang bunyi ayatnya sebagai berikut:

 

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

 

Untuk mendapat predikat takwa, setiap Muslim tentunya harus senantiasa memprioritaskan kualitas ibadah puasanya. Berpuasa bukan hanya menahan lapar dahaga, tapi juga perlunya ada komitmen agar mampu menahan diri dari hal-hal yang dapat mengikis keutamaan serta pahala puasa. Dari waktu ke waktu, upaya dalam meningkatkan kualitas puasa terus mengalami tantangan. Terlebih lagi sekarang kita hidup di era digital.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah