Tanggal 9 Februari Diperingati sebagai Hari Pers Nasional, Simak Sejarah Lengkapnya Di Sini!

- 9 Februari 2023, 08:05 WIB
Tanggal 9 Februari merupakan Hari Pers Nasional, simak sejarahnya di sini
Tanggal 9 Februari merupakan Hari Pers Nasional, simak sejarahnya di sini /

CERDIK INDONESIA - Tanggal 9 Februari adalah peringatan Hari Pers Nasional, simak sejarahnya di artikel ini.

Di tanggal 9 Februari ini, kita memperingati Hari Pers Nasional. Kita bisa mengingat peran penting wartawan dan tokoh-tokoh pers dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Peringatan Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari sudah ditetapkan sejak tahun 1985.

Sejarah bermula saat tepat pada tanggal 9 Februari tahun 1946, berdiri sebuah organisasi bernama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang menjadi wadah dan sarana persatuan para wartawan Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Wartawan atau pers, berperan penting dalam menyebarkan pemberitaan yang membangkitkan kesadaran nasional masyarakat Indonesia saat bersama penjajah.

Baca Juga: LINK Nonton Drakor The Interest of Love Episode Terakhir Sub Indo: Kejujuran Sang akan Segera Terungkap?

Penggunaan kata pers sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda yang berasal dari bahasa Inggris yakni press.

Kata pers juga dijelaskan dalam pasal 1 butir 1 UUD RI Nomor 40 Tahun 1999, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan memberikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Sejarah Hari Pers Nasional

Pers di Indonesia bermula saat Belanda membawa produk cetak yakni Koran ke Batavia, karena Eropa ramai dengan adanya surat kabar.

Gustaaf Willem Baron van Imhoff yang saat itu di tahun 1743 menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda mengizinkan penerbitan surat kabar untuk pertama kalinya di Batavia pada tahun 1744. Surat kabar tersebut berisi berita dan penalaran politik di Batavia.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani

Sumber: Portal Brebes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x