NGERI ! Naegleria Fowleri si Amoeba Pemakan Otak yang Menggemparkan Dunia, Berikut Informasi Lengkapnya

- 29 Desember 2022, 11:09 WIB
Ngeri ! Naegleria fowleri si amoeba pemakan otak yang menggemparkan dunia.
Ngeri ! Naegleria fowleri si amoeba pemakan otak yang menggemparkan dunia. /Pixabay/Gerd Altmann

CERDIK INDONESIA - Kini dunia tengah digemparkan dengan jenis mikroorganisme yang dikabarkan dapat memakan otak manusia.

Jenis mikroorganisme tersebut adalah Naegleria fowleri yang baru-baru ini menggemparkan dan menjadi perhatian lantaran dilaporkan menginfeksi warga negara Korea Selatan.

salah satu korban yang terinfeksi berusia 50 tahun dan telah meninggal akibat serangan amoeba pemakan otak atau Naegleria fowleri tersebut.

Dilaporkan, warga negara Korea Selatan tersebut baru saja melakukan perjalanan ke Thailand dan diduga terinfeksi Naegleria fowleri di negara tersebut.

Baca Juga: Viral Video Curhatan Norma Rismala yang Suaminya Selingkuh dengan Mertua: Ternyata Warga Banyak yang Curiga

Menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KDCA), penularan Nagleria fowleri kepada manusia memang sangat jarang terjadi tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi.

Lalu apakah Naegleria fowler sangat berbahaya ? Simak info di bawah ini.

Asal-Usul Naegliria fowleri
Dilansir dari laman CDC, Naegleria fowleri merupakan organisme bersel tunggal yang hidup di dalam air tawar dan banyak ditemukan di danau, sungai, bahkan hingga tanah basah.

Jenis mikroorganisme ini ditemukan hampir di seluruh bagian bumi tetapi sangat berkembang pada lingkungan basah dengan temperatur hangat sekira 46 derajat Celsius.

Karena sifatnya yang menyukai lingkungan hangat, Naegleria fowleri ditemukan paling banyak di negara-negara yang dilewati garis ekuator seperti Indonesia dan Asia Tenggara, Kongo, Uganda, Maldives, Kiribati, Brazil, Kolombia, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x