Indramayu jadi Salah Satu Daerah Termiskin di Jawa Barat: Ironi Dibalik Banyaknya Penghargaan

- 15 Desember 2022, 10:26 WIB
Daftar Spot Mancing di Pesisir Pantai Indramayu Barat, Cek Lengkap dengan Link Lokasi
Daftar Spot Mancing di Pesisir Pantai Indramayu Barat, Cek Lengkap dengan Link Lokasi /

CERDIK INDONESIA – Tertulis dan terberitakan banyak di media nasional seperti Majalah Tempo yang menyebutkan bahwa Indramayu menjadi salah satu daerah termiskin di Jawa Barat dengan menempati urutan ke 2 dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Sangat ironi dan tidak terduga dimana daerah yang mendapat penghargaan penghasil ikan terbesar di Jawa Barat ini menjadi daerah termiskin.

Indramayu tak hanya menjadi daerah penghasil ikan terbanyak, juga daerah yang menyuplai migas ke berbagai kota besar di Indonesia.

Baca Juga: RAMALAN! Zodiak Gemini 15 Desember 2022: Hari yang Cocok Buat Kamu Untuk Memulai Bisnis Baru

Bahkan Indramayu didapuk penghargaan sebagai daerah paling inovatif dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting di tahun 2021.

Sebagaimana dikutip tim Cerdik Indonesia dari artikel yang dimuat oleh pikiranrakyat.com yang berjudul: Indramayu Daerah Termiskin di Jawa Barat: Sebuah Ironi, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan kemiskinan di Indramayu.

Faktor Kemiskinan: Sebuah Persepsi

Pada pandangan pemerhati budaya Indramayu, Supali Kasim, Indramayu memiliki pesisir pantai yang sangat panjang, tetapi dari sisi ekonomi tidak bisa mendongkrak zona nyaman kemiskinan penduduknya.

Ada persepsi di kalangan masyarakat pesisir pantai bahwa laut dengan segala kekayaannya dapat memberikan jaminan ‘makan’, sehingga hal tersebut menjadikan suatu yang pentinag bagi mereka.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x