Presiden FIFA Himbau Rusia dan Ukraina Lakukan Gencatan Senjata Saat Piala Dunia di Qatar Berlangsung

- 15 November 2022, 19:13 WIB
Puing-puing pesawat Rusia yang terbakar di lapangan di luar Volnovakha di wilayah Donets.*
Puing-puing pesawat Rusia yang terbakar di lapangan di luar Volnovakha di wilayah Donets.* /Reuters/

CERDIK INDONESIA - Menjelang Piala Dunia 2022, Presiden FIFA Gianni Infantino menghimbau agar Rusia dan Ukraina melakukan genjatan senjata pada saat kompetisi sepak bola antar negara tersebut berlangsung.

Infantino berharap Piala Dunia 2022 di Qatar dapat membawa pesan perdamaian, mengingat ajang bergengsi tersebut akan ditonton sebanyak lima miliar jiwa.

Meskipun, ia menyadari bahwa sepak bola tidak sepenuhnya memberikan solusi dan dapat menyelesaikan masalah.

Baca Juga: 15 November 2022 Memperingati Hari HUT Korps Marinir TNI AL Ke-77, Sejarah Terbentuknya Korps Marinir TNI AL

"Mungkin, dengan Piala Dunia yang akan dimulai lima hari lagi dapat menjadi pemicu positif. Harapan saya Anda sekalian berkenan melakukan gencatan senjata selama satu bulan, selama Piala Dunia ini," katanya.

Presiden FIFA tersebut mengatakan himbauan tersebut setelah diberikan kesempatan bicara oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Infantino berbicara saat jamuan makan siang dihadapan para peserta KTT G20, di Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022.

Baca Juga: Hadang Mobil Joe Biden di Acara KTT G20, Wanita Itu Bentangkan Spanduk Tulisan 'Stop War, Human Rights, Peace'

Menurut Infantino, jika gencatan senjata tidak bisa dilakukan Rusia dan Ukraina, ia berharap ada dialog kembali terkait pembahasan tentang perdamaian yang akan tetap terjamin.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x