Joe Biden dan Xi Jinping Berjabat Tangan, Apakah Perang Dingin Telah Selesai?

- 15 November 2022, 11:57 WIB
Presiden AS Joe Biden (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan di sela-sela KTT para pemimpin G20 di Bali, Indonesia, Senin 14 November 2022.
Presiden AS Joe Biden (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan di sela-sela KTT para pemimpin G20 di Bali, Indonesia, Senin 14 November 2022. / ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque

CERDIK INDONESIA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping menggelar pertemuan bilateral, pada Senin, 14 November 2022.

Kedua pemimpin negara tersebut berjabat tangan, menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Presiden Joe Biden, dalam pertemuan tersebut mengatakan kepada Presiden Xi Jinping, terkait persaingan negaranya yang tidak akan menimbulkan konflik.

Baca Juga: Jokowi Sambut Peserta dan Tamu Undangan KTT G20 Lewat Instagram, Kucing Oyen Jadi Sorotan Netizen

"Kami akan bersaing dengan penuh semangat. Tapi saya tidak mencari konflik, saya ingin mengelola kompetisi ini secara bertanggung jawab," ucap Biden.

Sehubungan dengan hal tersebut, Presiden Xi Jinping menaruh harapan kepada Presiden Joe Biden agar dapat selalu bekerjasama dalam menjaga stabilitas global dan perdamaian dunia.

"Dunia menaruh harapan China dan AS dapat memelihara hubungan dengan baik," kata Xi Jinping.

Baca Juga: Jelang KTT G20, Modifikasi Cuaca Dilakukan Guna Mencegah Fenomena Siklon Tropis

"Saya menanti untuk terus bekerja sama dengan anda, Bapak Presiden (Biden, red.), demi menjaga hubungan Chiina dan AS yang sehat, stabil, menguntungkan bagi dua negara dan dunia secara keseluruhan," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x