Waduh! Berbeda dengan Kasus Covid-19 Indonesia yang Sudah terkontrol, Kondisi Korea Utara Semakin Parah

- 18 Mei 2022, 09:43 WIB
Kim Jong Un pimpin rapat, setelah dua tahun terutup soal Covid 19 di negerinya.
Kim Jong Un pimpin rapat, setelah dua tahun terutup soal Covid 19 di negerinya. /Metro.co.uk/AFP/

CerdikIndonesia - Presiden Indonesia Jokowi Dodo mengumumkan bahwasanya kasus Covid-19 di Indonesia telah terkontrol. Hal ini dibuktikan dengan hilangnya anjuran menggunakan masker di depan umum kecuali saat mendekati kerumunan.

Namun sayang, kabar baik ini tidak terdengar dari Korea Utara. Berbeda dengan kasus Covid-19 di Indonesia yang terkontrol, kondisi Korea Utara justru semakin parah.

Korea Utara pada Rabu melaporkan 232.880 kasus demam baru dan enam kematian lainnya ketika pemimpin Kim Jong Un menuduh para pejabat "tidak dewasa" dan "kelalaian" dalam penanganan awal mereka terhadap wabah COVID-19 yang melanda di seluruh dunia.

Baca Juga: Waduh! Kafir Trending di Twitter, Lantas Apa Makna Terkait Penggunaan Kata 'Kafir' dalam Al-Qur'an?

Bangsa yang tidak divaksinasi.

Markas besar anti-virus negara itu mengatakan 62 orang telah meninggal dan lebih dari 1,7 juta jatuh sakit di tengah penyebaran demam yang cepat sejak akhir April.

Dikatakan lebih dari satu juta orang pulih tetapi setidaknya 691.170 tetap dikarantina.

Pakar luar mengatakan sebagian besar penyakitnya adalah COVID-19, meskipun Korea Utara hanya dapat mengkonfirmasi sejumlah kecil kasus COVID-19 sejak mengakui wabah omicron minggu lalu, kemungkinan karena kemampuan pengujian yang tidak memadai.

Kegagalan untuk mengendalikan wabah dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan di Korea Utara.

Mengingat sistem perawatan kesehatannya yang rusak dan penolakannya terhadap vaksin yang ditawarkan secara internasional yang telah membuat populasi 26 juta orang tidak diimunisasi.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x