Waduh! Kafir Trending di Twitter, Lantas Apa Makna Terkait Penggunaan Kata 'Kafir' dalam Al-Qur'an?

- 18 Mei 2022, 07:13 WIB
Isi Kandungan Surat Al-Bayyinah Ayat 1 Sampai 8 Tentang Orang-orang Kafir dan Musrik
Isi Kandungan Surat Al-Bayyinah Ayat 1 Sampai 8 Tentang Orang-orang Kafir dan Musrik /Pixabay/Afshad

CerdikIndonesia -  Kata kafir kembali trending di Twitter dan jadi perdebatan publik. Hal ini membuat kita kembali berpikir, apa makna dari penggunaan kata kafir dalam Al-Quran?

Masalah muncul karena beberapa Muslim dan (kebanyakan) non-Muslim kurang memahami idiom Quran dan bingung dan salah paham bagaimana Quran mengandung kata-kata Arab berulang yang memiliki arti berbeda di tempat yang berbeda meskipun kata yang sama.

Ini disebut polisemi, dan kata Kafir adalah kata polisemi dalam penggunaannya (dan dapat memiliki lebih dari satu arti tergantung pada cara penggunaannya).

Baca Juga: Merasa Kesulitan Belajar Grammar? Intip 12 Tenses Bahasa Inggris Dasar untuk Kamu

Islamofobia suka memanfaatkan ini dengan menuduh Muslim menggunakan kata 'Kafir' dalam pengertian hukumnya secara salah ketika merujuk pada orang-orang yang tidak menyebut diri mereka seorang Muslim.

Sebagai 'menggunakan kata-kata yang menghina non-Muslim', dan ketika para teolog Muslim membahas hukuman tersebut.

Untuk kufaar (jamak dari Kafir) di akhirat, Islamofobia dengan bodohnya menuduh mereka 'mengutuk semua non-Muslim di bumi ke neraka'.

Selain itu, beberapa orang yang bukan penutur bahasa Arab atau berpendidikan dalam nuansa Arab Al-Qur'an menjadi bingung ketika para teolog yang sama membahas hukuman untuk 'kufaar' di akhirat.

Baca Juga: Link Live Streaming Southampton Vs Liverpool Gratis di Liga Inggris, Nonton Live Streaming SCTV

Akan tetapi juga menjelaskan dalam napas yang sama bahwa hanya menjadi 'non- Muslim' atau 'non-Muslim' tidak berarti seseorang akan berakhir di neraka.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x