Indonesia Jadi Negara Maju Tahun 2045, Sri Mulyani: Harus Memiliki Gedung Tinggi dan Akses yang Mudah

- 12 September 2021, 19:28 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. /Akun Instagram @smindrawati

CERDIK INDONESIA - Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Maju Sri Mulyani mengungkapkan pendapatnya mengenai indikator menjadi negara maju yang ditarget dicapai oleh Indonesia pada 2045.

Bagi wanita berusia 59 tahun tersebut, negara maju tidak hanya berupa pertumbuhan ekonomi yang mesti di atas lima persen setiap tahun.

“Seringkali kita disuguhkan beberapa indikator yang sering disampaikan seperti pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, kesenjangan, atau nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan sebagainya. Namun, kemajuan suatu bangsa pasti selalu terikat dan ditentukan oleh kualitas manusianya,” kata Menkeu Sri Mulyani pada pembukaan Olimpiade APBN 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu, 12 September 2021.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan kinerja ekonomi nasional dan pendapatan per kapita masyarakat yang tinggi hanya sebagian dari indikator untuk menjadi negara maju.

Di samping itu, lanjutnya, Indonesia juga mesti memenuhi persyaratan lain, seperti Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang mampu memenangi kompetisi tingkat dunia.

“Maju dari kemampuan kita memenangkan berbagai lomba internasional, mulai dari olimpiade olahraga, festival film, nobel, berbagai macam ajang lainnya,” tutur Sri Mulyani.

Selain itu aspek fisik Indonesia juga akan diukur untuk menjadi negara maju sehingga infrastruktur jalan raya, jalan tol, transportasi modern, dan kereta cepat terus dibangun oleh pemerintah.

Di samping itu, kata dia, pemerintah juga terus mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas.

Hal ini juga dilakukan sebagai syarat Indonesia untuk menjadi negara maju.

Sri Mulyani juga menyebutkan akses yang mudah dan infrastruktur seperti pembangunan gedung tinggi juga menjadi salah satu indikatornya.

“Maju juga dilihat dari berbagai hal lain, apakah kotanya memiliki gedung tinggi. Apakah rakyat sudah memiliki akses internet dan listrik,” kata Menkeu Sri Mulyani.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x