Tayangkan Pernikahan Lesti-Bilar 9 Jam, Indosiar Keterlaluan! Ini Sebabnya

- 24 Agustus 2021, 14:11 WIB
Salah satu Blackground lagu takdir cinta Lesti dan Rizky Billar.
Salah satu Blackground lagu takdir cinta Lesti dan Rizky Billar. /YouTube/

CerdikIndonesia - Stasiun televisi Indosiar mendapat kritikan pedas gara-gara menayangkan pernikahan Lesti-Billar selama 9 jam. Indosiar pun dinilai keterlaluan.

Pakar Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad), Dadang Rahmat Hidayat dan Budayawan Jabar Cecep Burdansyah meyayangkan sampai saat ini masih saja ada lembaga penyiaran masih menayangkan peristiwa masalah pribadi dengan durasi yang sangat panjang hingga mengabaikan kepentingan publik.

Padahal lembaga penyiaran seharusnya juga bertanggungjawab terhadap pemanfaatan frekuensi publik yang dititipkan kepada lembaga penyiaran.

Baca Juga: Makna di Balik Mas Kawin Billar untuk Lesti Sebesar 72.300 Dollar AS atau Rp 1 Miliaran

“KPI dan KPID harus bersikap, jangan melakukan pembiaran, ini demi kepentingan publik,” kata Dadang dalam diskusi yang digelar KPID Jawa Barat Selasa 24 Agustus 2021.

Dadang mengungkapkan, artis yang sedang trending itu adalah realitas sosial yang memang menarik.

Dalam konteks ekonomi media itu hal biasa, karena artis adalah magnet yang memiliki daya harik hiburan dan iklan.

Masalahnya adalah penayangan secara luar biasa yang memakan durasi bekepanjangan, kalau sudah ditayangkan dengan frekuensi publik, ini menjadi urusan publik.

“Dan KPI memiliki kewenangan untuk mengawasinya. Persoalannya sikap KPI/KPID tidak sama. KPI harus bersikap, dan tidak boleh membiarkan. Bersikap dengan berdasarkan regulasi yang tepat agar KPI tidak dianggap lembaga yang sewenang-wenang. Jadi jangan melakukan pembiaran,” beber Dadang.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x