5 Fakta Menarik Perhelatan Euro 2020, Berikut Informasi Selengkapnya

- 18 Juni 2021, 16:00 WIB
Ukraina mengalahkan Makedonia Utara pada laga kedua grup C Euro 2020, Kamis malam 17 Juni 2021.
Ukraina mengalahkan Makedonia Utara pada laga kedua grup C Euro 2020, Kamis malam 17 Juni 2021. /Foto: Reuters/ Mihai Barbu//

Cerdikindonesia - Perhelatan turnamen sepakbola bergensi di Benua Eropa akan digelar selama satu bulan. 


Dimulai dengan pertandingan pembuka antara Italia vs Turki pada 12 Juni 2021 lalu, dan akan diakhiri pertandingan final sebagai puncak turnamen tersebut pada 12 Juli 2021.

Meski telah tertunda selama satu tahun dengan alasan COVID-19, akan tetapi UEFA tela berhasil menggelar dengan tetap taat pada protokol kesehatan.


Baca Juga: Serba-Serbi Euro 2020: Ronaldo Menyingkirkan Botol Coca Cola Hingga Volkswagen Didemo oleh Aktivis Greenpeace


Seperti yang kita ketahui bahwa Euro merupakan turnamen yang paling ditunggu oleh masyarakat Eropa setelah Piala Dunia.

Setiap perebutan gelar pasti memiliki karakteristik, hal unik, atau fakta menarik selama turnamen berlangsung.

Untuk memenuhi pengetahuan pecinta sepakbola, berikut Cerdik Indonesia telah menyiapkan 5 fakta menarik dari perhelatan Euro 2020 yang wajib diketahui.



1. Serba Sebelas

Angka Sebelas merupakan jumlah yang tentu sangat akrab dengan permainan sepakbola, karena jumlah pemain dalam satu tim di lapangan adalah 11 pemain.

Akan tetapi dalam gelaran Euro 2020 ini menyuguhkan hal yang unik. Digelar dari tanggal 11 Juni-11 Juli 2021, sebelas kota tuan rumah, dan sebelas negara yang terlibat sebagai penyelenggara.

Fakta menarik ini pertama kali terjadi dalam sejarah Piala Eropa.

Kota tuan rumah di sebelas negara tersebut antara lain: London (Inggris), Muenchen (Jerman), Baku (Azerbaijan), Saint Petersburg (Rusia), Roma (Italia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Glasgow (Skotlandia), Kopenhagen (Denmark), dan Sevilla (Spanyol).



2. Tampilan Maskot Baru

Setiap ajang turnamen yang diselenggarakan pasti memiliki Maskot. Uniknya, dari mulai pembuatan hingga peresmian maskot menjadi hal yang juga tak kalah menarik untuk ditunggu.

Nama dari Maskot turnamen adalah Skillzy, yang menggambarkan pesepakbola gaya bebas (freestyle).

Skillzy secara resmi menjadi maskot Euro 2020. Hal tersebut bukan tanpa alasan, Skillzy bertujuan untuk menginspirasi para pecinta bola untuk mengunggah video yang menampilkan skill bola mereka.



3. Bola Resmi Euro 2020

Nama dari bola resmi Euro 2020 adalah Uniforia, yang berarti 'persatuan dan euforia'. Bola yang dibuat oleh Adidas ini dilengkapi dengan desain bola yang menarik dan modern.

Sekilas dapat kita lihat sangat elegant, mulai dari bentuk desain hingga perpaduan warnanya.

Uniforia memang didesain sebagai bentuk perayaan inklusivitas dalam turnamen di seluruh Benua 'Biru' tersebut.

Didalam bola resmi Euro 2020 menampilkan garis dengan gaya sapuan kuas berwarna hitam yang melingkari bola. Lingkaran tersebut mengandung makna pengaburan batas.



4. Dua Tim Baru Euro

Setelah melewati perjuangan yang sangat panjang, akhirnya Finlandia dan Makedonia Utara berhasil mengukuhkan diri sebagai tim baru dalam turnamen Euro 2020.

Pasalnya kedua negara tersebut sebelumnya tidak pernah mengikuti ajang bergengsi Piala Eropa.

Namun berkat kerja kerasnya, Finlandia akhirnya memastikan diri lolos setelah berhasil meraih runner-up di grup J pada babak kualifikasi Euro 2020.

Sementara Makedonia Utara mendapatkan tiket bergabung di Euro ini melalui jalur plaf off. Makedonia Utara berhasil menaklukan Kosovo dan Georgia yang sekaligus mengantarkannya pada turnamen besar Eropa.



5. Penggunaan VAR

Dalam sepakbola modern, keberadaan VAR menjadi sangat penting sebagai alat bantu untuk menengahi kejanggalan.

Meskipun menuai pro dan kontra, akan tetapi dengan adanya VAR setidaknya wasit dapat meminimalisir kesalahan dalam pengambilan keputusan.

VAR atau Video Assistant Referee ternyata baru diterapkan pada Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Itulah lima fakta menarik dari EURO 2020 yang mesti diketahui oleh para penggemar sepakbola.***

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x