Sandiaga Uno Kunjungi Makam Nomennsen di Toba Samosir, Ia Mendorong Pengembangan Wisata Sejarah di Danau Toba

- 10 Juni 2021, 20:37 WIB
Berkunjung ke Makam Nommensen, Sandiaga Uno Menyampaikan Untuk Mengembangkan Wisata Sejarah dan Religi di Kawasan Toba Samosir
Berkunjung ke Makam Nommensen, Sandiaga Uno Menyampaikan Untuk Mengembangkan Wisata Sejarah dan Religi di Kawasan Toba Samosir /Feri Ndraha

CerdikIndonesia - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendorong pengembangan wisata berbasis sejarah dan religi di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam kunjungannya ke Makam Misionaris Dr. Ingwer Ludwig Nommensen di kawasan Laguboti, Toba Samosir, Sumut, pada Kamis, 10 Juni 2021.

Baca Juga: Dorong Akselerasi ITMP untuk Pemulihan Pariwisata Danau Toba, Sandiaga Uno: Harus Berfokus pada Eco Tourism

Sandiaga Uno mengatakan makam ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi masyarakat Sumatera Utara, khususnya masyarakat sekitar Danau Toba.

"Dr. Ingwer Ludwig Nommensen adalah seorang misionaris dari Jerman yang memberikan pendidikan dan kesehatan modern yang menjadi cikal bakal kemajuan dan pembaruan hidup masyarakat Batak. Nommensen dapat dikategorikan sebagai seseorang yang berjasa yang membawa kemajuan dan mengangkat harkat dan martabat kehidupan orang Batak," kata Sandiaga Uno.

Selain itu, pada masa sebelum pandemi Covid-19, Sandiaga menyebutkan lokasi ini dikunjungi sekitar 100 ribu wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno, Gelar Rakor Akselerasi Pengembangn Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba

Sehingga, perlu ada peningkatan kualitas baik dari segi infrastruktur, fasilitas penunjang, maupun sisi keberlanjutan lingkungan dan penerapan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) di destinasi pariwisata ini.

"Kami mendukung lokasi makam Dr. IL Nommensen menjadi salah satu objek wisata religi yang diharapkan dapat menambah daya tarik wisata di kawasan Toba. Ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan menciptakan lapangan kerja baru, serta mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kawasan Toba, dan meningkatkan nilai-nilai spiritual bagi para wisatawan," katanya.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x