Kementerian Ketenagakerjaan Dorong BLK Komunitas Pariwisata Danau Toba Bersinergi dengan Dunia Industri

- 5 Juni 2021, 11:36 WIB
Kemnaker Dorong BLK Komunitas Pariwisata Danau Toba Bersinergi dengan Dunia Industri
Kemnaker Dorong BLK Komunitas Pariwisata Danau Toba Bersinergi dengan Dunia Industri /Feri Ndraha

CerdikIndonesia - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong Balai Latihan Kerja Komunitas agar bersinergi dengan dunia industri dalam memajukan pariwisata Danau Toba.

Dengan bersinergi, lulusan BLK memiliki keterampilan yang memadai, sehingga lebih mudah terserap.

Baca Juga: Korban Tenggelam di Pesanggrahan Danau Toba Akhirnya Ditemukan Mengapung, Setelah 13 Hari Menghilang

"Kalau BLK Komunitas tidak gandengan tangan dengan dengan dunia usaha, dunia industri, dia tidak punya pegangan," kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari pada acara Sosialisasi Program BLK Komunitas Bidang Pariwisata Danau Toba di BBPLK Medan, Sumatera Utara, pada Jumat, 4 Juni 2021.

Dita menyebut sejumlah pihak yang penting dijadikan mitra dengan BLK Komunitas bidang pariwisata, seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan asosiasi tour dan travel, pemandu wisata atau guide. Hal itu guna mengetahui standar pelayanan yang baik terhadap konsumen atau turis.

"Misalnya, Kalau BLK Komunitas yang ada di Simalungun tidak gandengan tangan dengan hotel yang ada di Parapat, dia tidak tau bagaimana sebaiknya melatih housekeeping sesuai standar hotel yang benar. Begitu juga kalau tidak gandeng asosiasi tour guide, bagaimana BLK Komunitas tour guide ini bisa melatih anak-anak kita di situ tentang bagaimana sejarahnya, bagaimana meletusnya gunung itu," terangnya.

Baca Juga: Insiden Terceburnya Mobil di Perairan Danau Toba dari KMP Ihan Batak, Begini Hasil Penyelidikan Sementara

Ia mengatakan, Danau Toba sebagai salah satu wisata super prioritas yang menjadi fokus pembangunan bagi pemerintah memiliki keunikan tersendiri karena terdapat wisata gunung dan air.

Untuk itu, ia sangat berharap BLK Komunitas dapat berperan secara maksimal dalam menciptakan SDM yang berkompeten. "Jadi kita berharap banyak dari Danau Toba ini," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x