MASIH PANAS? Trump Ogah Hadiri Pelantikan Joe Biden Presiden Baru Amerika Serikat

- 21 Januari 2021, 06:13 WIB
Trump mengakhiri jabatannya sebagai presiden AS dengan meninggalkan Gedung Putihm pukul 08.00 waktu setempat, dengan helikopter menuju Pangkalan Angkatan Udara Andrews.
Trump mengakhiri jabatannya sebagai presiden AS dengan meninggalkan Gedung Putihm pukul 08.00 waktu setempat, dengan helikopter menuju Pangkalan Angkatan Udara Andrews. /Foto: Washingtonpost.com/

CERDIKINDONESIA - Donald Trump resmi mengakhiri jabatan sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Ia meninggalkan kediaman resminya, Gedung Putih di Washington DC, tepat beberapa saat sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden ke-46 AS.

Baca Juga: WADUH Anggaran BSU BPJS Ketenagakerjaan Dikembalikan Ke Kas Negara? Gimana Nasib yang Belum Kebagian

Trump meninggalkan Gedung Putih menggunakan helikopter kepresidenan menuju Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews sekitar pukul 8.00 waktu setempat.

Baca Juga: AKHIRNYA Terjawab Nasib BSU BPJS 2021, Simak Klarifikasi Menaker Ida Fauziyah

Dengan kepergiannya sebelum Biden dilantik, Trump memutus tradisi setengah abad di mana biasanya presiden sebelumnya juga hadir dalam pelantikan.

Tradisi tersebut dipandang sebagai cara untuk menegaskan peralihan kekuasaan secara damai dari presiden lama kepada presiden baru.

Baca Juga: SENANGNYA! Film Stand By Me Doraemon 2 Segera Tayang Bulan Februari

Biden yang kini berusia 78 tahun akan menjadi presiden tertua dalam sejarah Amerika Serikat.

Pelantikannya dilangsungkan di Washington dengan sederhana mengingat pandemi masih berlangsung. Selain itu, alasan keamanan usai Gedung Capitol, diserbu massa pendukung Trump pada 6 Januari 2021.

Baca Juga: SPOILER Film Stand By Me Doraemon 2! Nobita dan Shizuka Berakhir di Pelaminan

Kekerasan tersebut mendorong Dewan Perwakilan Rakyat AS, yang dikendalikan Demokrat, pekan lalu memakzulkan Trump dan menjadikan presiden dari Partai Republik itu sebagai presiden pertama AS yang dikmazulkan dua kali.

Joe Biden, presiden asal Partai Demokrat dilantik di depan sejumlah kecil peserta.

Baca Juga: TRUMP Putus Tradisi Pelantikan Damai, Masih Tak Terima Kekalahan dari Biden?

Ia menyatakan sumpah jabatan di hadapan Hakim Agung AS John Roberts pada Rabu siang waktu setempat.

Pasangannya, Kamala Harris, anak perempuan pasangan imigran asal Jamaika dan India, akan menjadi orang kulit hitam pertama, sekaligus perempuan pertama, serta warga Amerika keturunan Asia pertama yang menjabat sebagai wakil presiden.

Baca Juga: LOGIN https://pip.kemdikbud.go.id/ Cek Bantuan PIP Untuk Siswa Rp1 Juta

Harris akan dilantik oleh Hakim Agung AS Sonia Sotomayor. Hakim tersebut merupakan hakim agung pertama keturunan Amerika Latin.

Upacara pelantikan Biden-Harris berlangsung di depan Gedung Capitol AS dengan penjagaan ketat.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x