Muslim Bangsamoro Kibarkan Bendera di Mindanao, Rayakan Otonomi Khusus Dari Pemerintah Filipina

- 19 Januari 2021, 20:24 WIB
Ilustrasi Bendera Bangsamoro Filipina Selatan
Ilustrasi Bendera Bangsamoro Filipina Selatan /Nur Djuli

CerdikIndonesia - Daerah Otonomi Bangsamoro di Filipina Selatan, pada Senin, 18 Januari 2021 mengibarkan benderanya di gedung pusat pemerintahan di wilayah yang mereka kuasai, sejak perjanjian damai dengan Pemerintah Filipina.

Gubernur Regional Otonomi Bangsamoro, Murad Ibrahim seperti dilansir dari Anadolu Agency menyebutkan saat ini Bangsamoro sudah berhasil mencapai otonomi sejati.

Baca Juga: Penyanyi Asal Filipina Membuat Lagu Untuk Rose BLACKPINK, Ada Apa Ya?

Perjuangan dan pengorbanan yang telah lama mereka lakukan, tidak sia–sia. Hal itu disampaikan olehnya pada upacara pengibaran bendera Bangsamoro di Pusat Pemerintahan Bangsamoro di Kota Cotabato, Mindanao.

Selain Ibrahim, kabinetnya yang juga dikenal sebagai anggota Bangsamoro Transition Authority (BTA), dan 15 karyawan dari masing-masing kementerian dan kantornya menghadiri acara yang diadakan di tengah protokol ketat untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

Upacara akan diadakan di seluruh wilayah mayoritas Muslim dengan hampir lima juta penduduk di unit pemerintah daerah dan sekolah.

Baca Juga: Semakin Dekat, Filipina Bersiap untuk Beli Rudal Jelajah Indo-Rusia BrahMos

Gubernur Regional Otonomi Bangsamoro juga akan mendistribusikan bantuan dan kursi roda sementara kendaraan dan peralatan bencana daerah juga akan dikirimkan sebagai bagian dari perayaan tersebut.

Pemerintah yang dipimpin Ibrahim juga akan menandatangani perintah eksekutif untuk meluncurkan program Salam Bangsamoro untuk memberikan bantuan mata pencaharian bagi 10.000 mantan kombatan Pejuang Kebebasan Islam Bangsamoro (BIFF) yang kembali ke BARMM.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: Anadolu Agency


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x