Aceh Hingga Papua Berpotensi Terjadi Gelombang 7 Meter, BMKG Himbau Nelayan

- 4 Desember 2020, 17:02 WIB
gelombang tinggi di Laut Natuna.
gelombang tinggi di Laut Natuna. //PMJ

CERDIKINDONESIA - Sore ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Indonesia.

Perkiraan BMKG berpotensi muncul diperairan Aceh hingga Papua.

Baca Juga: Para Terjaring OTT Sulteng Tiba Sore Ini di Kantor KPK

BMKG memprediksi gelombang tinggi muncul pada Jumat-Sabtu, 4-5 Desember 2020. Gelombang tinggi dipicu pola angin, di mana kecepatan angin tertinggi terjadi di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

"Terdapat pola tekanan rendah 1.006 hPa di Samudra Hindia barat daya Banten dan Laut Flores. Pola angin di wilayah Indonesia umumnya bergerak dari barat-utara dengan kecepatan berkisar 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan utara Kepulauan Natuna-Kepulauan Anambas, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan. Kondisi ini mengakibatkan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," demikian keterangan BMKG, Jumat 4 Desember 2020.

Baca Juga: Milad GAM, Bendera Bulan Bintang Berkibar di Banda Aceh

BMKG meminta warga, terutama nelayan, untuk waspada. Gelombang setinggi hingga 7 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara atau Laut China Selatan.

"Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan," ujar BMKG.

Baca Juga: Pelantun Adzan 'Hayya alal jihad' Ditangkap Polisi

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x