2 Kado Nadiem Makarim di Hari Guru Nasional 2020

- 26 November 2020, 16:03 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim /Instagram.com/@nadiemmakarim

CerdikIndonesia – 2020 menjadi tahun yang berbeda di kepemiminan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud karena situais Covid-19. Sejalan dengan pidatonya yang mengapresiasi guru, Nadiem juga memberikan langkah nyata sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga: Soal Pengganti Edhy Prabowo, Gerindra Serahkan Sepenuhnya Pada Presiden Jokowi

Hal itu dibuktikannya dengan memberikan dua kado istimewa bagi para guru, terutama guru honorer pada peringatan Hari Guru Nasional yang dirayakan setiap tanggal 25 November.

Kado pertama adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diberikan kepada guru maupun tenaga kependidikan honorer yang memiliki gaji di bawah Rp5.000.000 per bulan.

Baca Juga: Trevor Steven Kenang Gol Tangan Tuhan Maradona Sebagai Luka yang Harus Disembuhkan

Bantuan tersebut diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) nonPNS, baik guru maupun dosen, di sekolah negeri dan swasta.

“Ini kriterianya sangat sederhana, yakni warga negara Indonesia, berstatus bukan PNS, memiliki penghasilan di bawah Rp5.000.000 dan tidak menerima bantuan subsidi upah gaji dari Kemennaker dari program-program lainnya. Ini dan juga tidak menerima kartu prakerja sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020," kata Nadiem.

Baca Juga: Benarkah Semua Doa Pasti Dikabulkan? Simak Dalilnya

Hal itu dilakukan, agar bantuan sosial itu adil, dan tidak tumpang tindih. Bantuan subsidi upah tersebut diberikan sebanyak satu kali, yakni sebesar Rp1,8 juta.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Abdul Kahar menyebut Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) nonPNS telah disalurkan.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Persilakan Ormas Tak Patuh MUI Angkat Kaki

“Bantuan ini sudah mulai disalurkan kepada PTK nonPNS, baik di sekolah swasta maupun sekolah negeri. Bantuan ini diberikan secara bertahap hingga akhir November dengan anggaran lebih dari Rp3,6 triliun,” ujar Abdul Kahar.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x