Indonesia dan CEPI Tanda Tangani Kerjasama Perkuat Komitmen Vaksin Covid-19

- 24 November 2020, 16:57 WIB
ilustrasi vaksin Covid-19
ilustrasi vaksin Covid-19 /pixabay.com

CerdikIndonesia – Indonesia resmi bergabung dengan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) untuk perkuat komitmen vaksin Covid-19. Indonesia diwakIli Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi pada Selasa, 24 November 2020.

Baca Juga: 99 Asmaul Husna Tulisan Arab dan Artinya

“Kolaborasi dengan CEPI penting karena memungkinkan Indonesia memberikan kontribusi konkret dalam hal vaksin untuk semua,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada acara penandatanganan Perjanjian Kontribusi Bilateral dengan CEPI.

 Baca Juga: Donald Trump Setujui Transisi ke Pemerintahan Biden

Menurutnya, tanpa akses yang adil terhadap vaksin, negara berkembang dan kurang berkembang berisiko tertinggal sehingga justru akan memperpanjang pandemi.

“Dunia kita tidak akan pernah sehat sepenuhnya sampai semua orang sehat,” kata Retno.

Baca Juga: Indisipliner Berat, 2 Pemain Timnas U-19 Dipulangkan

Melalui kerja sama dengan Indonesia, CEPI telah memilih PT Bio Farma (Persero) untuk berpartisipasi dalam pengembangan vaksin COVID-19 setelah BUMN farmasi itu mengikuti uji tuntas dengan hasil yang positif.

Potensi yang ditunjukkan Bio Farma membuka peluang industri farmasi Indonesia untuk menjadi pemain penting dalam jaringan vaksin global, di bawah mekanisme CEPI.

Baca Juga: Pertemuan Perdana! Pesan Anies ke Kapolda: Selamat Bertugas Pak Kapolda

“Kerja sama dengan CEPI akan memperkuat ketahanan kesehatan nasional kita. Ini adalah tujuan strategis jangka panjang Indonesia sebagai anggota Dewan Investor CEPI,” ujar Retno.

Selain itu, kolaborasi dengan CEPI juga akan membuka akses yang lebih baik bagi Indonesia guna memperoleh informasi tentang pengembangan vaksin dan uji klinis terbaru serta pelatihan untuk uji klinis dan laboratorium.

Baca Juga: Anies Sambut Hangat Kunjungan Perdana Kapolda Metro Jaya

Retno berharap, kerja sama RI-CEPI tidak hanya akan menguntungkan Indonesia tetapi juga dunia, dalam perjuangan melawan COVID-19 dan pandemi di masa depan.

CEPI adalah koalisi yang terdiri dari pemerintah, swasta, dan organisasi masyarakat sipil yang bertujuan mempercepat pengembangan vaksin untuk melawan penyakit menular dan mengupayakan akses yang adil terhadap vaksin bagi semua orang.

Baca Juga: Penerima BSU Tak Perlu Bikin Rekening Baru

Sejauh ini, koalisi yang berbasis di Oslo, Norwegia, itu telah membantu mendanai pengembangan sembilan kandidat vaksin COVID-19 yang dibuat oleh Curevac, Inc., Inovio Pharmaceuticals, Inc., Moderna, Inc., Novavax, Inc., Clover Biopharmaceuticals, Universitas Hong Kong, Universitas Oxford, Universitas Queensland, serta konsorsium yang dipimpin Institut Pasteur.***

 

Editor: Arjuna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x