Produk Ramah Lingkungan Di Angkat Sebagai Trend Fashion Muslim 2021

- 1 November 2020, 08:12 WIB
/IFC

 

 

CERDIK INDONESIA-Etis dan detail produk ramah lingkungan akan menjadi tren fashion 2021 untuk muslim karena begitu pentingnya produk ramah lingkungan.

Tak hanya berbicara fashion dan beragam detailnya, kini para pengusaha dan perancang busana di Indonesia juga mulai concern dengan pentingnya mengangkat produk yang sustainable dan ramah lingkungan.

Demikian juga pada perhelatan Virtual Fashion Show Modest Fashion ISEF 2020. Dalam event ini, konsep sustainable fashion menjadi perhatian penting bagi 164 desainer/brand fashion muslim Indonesia.

Baca Juga: Stok Film Sedikit Cinema XXI Enggan Beroperasi Meski Sudah Mendapat Izin Dari Pemerintah

Tak kurang dari 720 look fashion mengangkat tema sustainable fashion, termasuk juga beragam item yang terkait dengan sustainable lifestyle, yaitu gaya hidup berkelanjutan dengan tiga prinsip dasar sustainable, yakni sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Fashion etis, demikian para desainer menyebutnya, memperhatikan seluruh rantai pasokan dan siklus garmen, meliputi sumber, proses produksi, hingga etika kerja, kesejahteraan tenaga kerja, dan pengelolaan limbah lingkungan.

Di Indonesia, fashion etis sebenarnya sudah lama dipraktekkan oleh para perajin kain Nusantara dengan penggunaan pewarna alam. Sementara  sisi kearifan lokal dapat dioptimalkan untuk mengembangkan fashion etis khas Indonesia yang potensial untuk menarik perhatian pasar global.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: Jurnal Gaya


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X