Kemenag Minta Guru RA Fokus Ajarkan Pendidikan Karakter di Usia Dini Anak

- 29 Oktober 2020, 19:55 WIB
pendidikan anak usia dini /

CerdikIndonesia - Kementerian Agama meminta guru menjadikan pendidikan karakter sebagai fokus pembelajaran di tingkat Raudhatul Athfal (RA).

 

Hal ini disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Muhammad Zain saat menutup serial pelatihan pengembangan kapasitas guru RA dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 secara daring.

 

"Pendidikan karakter sangat penting dan harus menjadi fokus para guru, khususnya untuk guru anak usia dini. Sebab, mendidik anak pada usia dini merupakan pondasi bagi keberlangsungan pendidikan berikutnya," pesan Zain, Rabu (28/10). 

Baca Juga: Menag Bagikan Rp1,178 Triliun untuk PJJ Pendidikan Agama, Kuota Internet Gratis Tiga Bulan

Dikatakan Zain, di tengah-tengah pandemic covid-19 tidaklah mudah melakukan proses pembelajaran, karena seorang guru memiliki fungsi ganda. Pertama adalah fungsi transfer of knowledge, guru mentransmisikan ilmu kepada siswa dan memastikan bahwa apa yang diajarkannya dipahami oleh peserta didiknya. Guru juga berfungsi sebagai pembentuk karakter baik bagi anak didiknya ( transfer of values). 

“Guru-guru RA adalah guru yang paling mengetahui tentang pendidikan karakter anak-anak usia dini dan yang dapat membentuk mereka agar memiliki karakter yang baik dimasa yang akan datang,” tegas Zain.

Baca Juga: Olahraga Rekreasi Terus Digenjot, Hasilkan Efek Luar Biasa dari Potensi Alam dan Ekonomi Kreatif

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X