Inilah Bumbu Dapur yang Berkhasiat

- 16 September 2020, 07:28 WIB
Bumbu dapur bisa digunakan sebagai pestisida nabati. //Ruhul Afrizal/PORTAL JEMBER

1. Bawang Putih


Bawang putih adalah salah satu bumbu yang biasa dimasak bersama sayur dan masakan lainnya, tapi siapa yang tahu bahwa bawang putih ini memiliki manfaat sebagai penurun kadar kolesterol darah.

Baca Juga: Jangan Berlebihan Konsumsi Vit C, Waspada Bahayanya
Menurut sebuah studi pada Avicenna Journal of Phytomedicine, ekstrak bawang putih dapat
menurunkann kolestrol jahat dalam daarah (LDL). Dalam studi lainnya di Journal of Nutrition juga menyebutkan ekstrak bawang putih dapat menurunkan 7 sampai dengan 10 % kolestrol jahat dalam darah (LDL). Selain itu bawang putih juga dapat mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah dan melawan infeksi.

Baca Juga: Bisakah Menebak Kepribadian Seseorang dari Cara Bicaranya?
2. Kunyit


Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang mengandung curcumin yang dapat mencegah oksidasi, dan penumpukan plak pada arteri. Biasaanya kunyit dicampur dalam masakan atau minuman. Dalamm riset yang dipublikasikan di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menunjukkan bahwa mengkonsumsi 500 gram curcumin perhari selama satu minggu mampu menekan kadar LDL sebanyak 33 % serta terjadinya peningkatan kolesterol baik (HDL) sebanyak 29%.

Baca Juga: Yuk Coba Masak Seruit, Makanan Khas Lampung
3. Gingseng


Dalam metode pengobatan di Asia selama berabad-abad, gingseng telah digunakan untuk mengobati penyakit ringan hingga untuk menjaga kesehatan jantung. Jika mengkonsumsi secara rutin maka bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) dan mampu mengurangi penebalan pada pembuluh darah.

Baca Juga: Icip Makanan Khas Lampung
Menurut salah satu riset yang dilakukan oleh North American Menopause pada April 2012 telah menemukan, perempuan yang mengkonsumsi suplemen gingseng tingkat kolesterolnya menurun secara signifikan.

 

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X