Mengenal Provinsi Lampung, Tempat Dakwah Syekh Ali Jaber

- 15 September 2020, 20:57 WIB
Syekh Ali Jaber ditusuk orang tidak dikenal di Kota Bandar Lampung /Kini mendapat perawatan intensif/Foto: Youtube

Lampung sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatra, Indonesia, dengan Ibu Kota Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki dua kota yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 Kabupaten.

Baca Juga: Aktris Oh In-Hye Meninggal Usia 36 Tahun karena Serangan Jantung

Penduduk lampung sebagian besar berasal dari 3 suku besar yaitu Jawa, Lampung dan Sunda. Tetapi  juga terdapat suku – suku lain seperti suku  Bali, Minangkabau, Sumatra Selatan dan sebagainya.

Baca Juga: Tak Disangka, Inilah Manfaat Mencuci Muka dengan Air Beras

Lampung memiliki  simbol khas daerah yaitu Siger. Siger digunakan pengantin lampung sebagai mahkota, tetapi dipakai juga untuk acara – acara sakral. Terdapat juga, Menara Siger yang menjadi ikon Lampung dan menjadi titik no Sumatra.

Baca Juga: Keindahan Pantai Batu Pica Sauri, Papua

Kain Tenun Khas Lampung yakni Tapis Lampung, adalah                 hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku lampung. Motif kain Tapis Lampung sendiri bermacam – macam dan memiliki makna sendiri.

Baca Juga: Tetap Seru Isi PSBB, Lakukan Aktivitas Ini di Rumah

Masyarakat adat Lampung memiliki Semboyan dalam bahasa Lampung yakni “Sai Bumi Ruwa Jurai” yang artinya satu bumi dua aliran adat budaya. Kata Sang Bumi berasal dari sanga bumi, artinya se-bumi. Sedangkan Ruwa Jurai, artinya dua aliran (kelompok) budaya yang berbeda, yaitu aliran (jurai) masyarakat adat sebatin dan pepadun.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X