Mengenal Underutilized Fruit Trees, Buah Kaya Manfaat yang Kurang Difavoritkan

- 12 September 2021, 17:22 WIB
Ilustrasi Buah-buahan
Ilustrasi Buah-buahan /

CerdikIndonesia - Ternyata ada buah kaya manfaat yang kurang difavoritkan. Yakni Underutilized Fruit Trees (UFT) atau kelompok pohon yang buahnya dapat dikonsumsi namun cenderung kurang dimanfaatkan, dan kurang dikenal secara luas karena tidak dibudidayakan dalam skala besar.

Keberadaan UFT ini masih terabaikan karena pengetahuan masyarakat yang masih rendah.

Angga Dwiartama, Ph. D, dosen dan peneliti SITH ITB, melakukan penelitian terhadap UFT dan merekam eksistensinya di beberapa masyarakat adat di Jawa Barat.

Baca Juga: Profil Abdul Gafur, Staf Sri Mulyani yang Pidatonya Menggemparkan Boston University

Baca Juga: Perjuangan Akeyla, Bersahabat dengan Matematika Sejak SD, Kuliah di ITB, hingga Raih Perak IMC 2021

Ia bersama dengan peneliti SITH, Mochammad Fikry Pratama, memilih masyarakat adat sebagai objeknya. Angga mengatakan masyarakat adat memiliki rekam jejak yang lebih baik dengan keanekaragaman hayati yang diwariskan oleh leluhur mereka.

“Kami menggunakan gabungan metode wawancara, observasi, eksploratif, dan analisis vegetatif di tujuh komunitas masyarakat adat di Jawa Barat,” imbuhnya dalam kegiatan Bincang Seru Buah Langka (BISBUL) yang diselenggarakan oleh Rumah Bantala pada Sabtu (28/8/2021).

Penelitian ini memakan waktu tiga tahun. Di tahun pertama mereka mulai mengunjungi masyarakat adat dan melakukan penanaman UFT di ITB Kampus Jatinangor. Tahun berikutnya, dilakukan eksplorasi keberadaan UFT di berbagai pasar di Jawa Barat dan survei ke 345 responden dari kawula muda terkait beberapa UFT yang ada di Jawa Barat.

Berdasarkan hasil survei, mayoritas orang tidak mengetahui UFT, sebagian hanya sekadar tahu tetapi belum pernah melihatnya bahkan mencicipi rasanya. Di tahun ketiga, mereka berkolaborasi dengan Rumah Bantala dan The GoodLife untuk mengenalkan berbagai jenis dan olahan UFT.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X