Jangan Terlalu Lama Menahan BAK, Ini Dampak Buruk Bagi Wanita !

- 10 Juni 2021, 14:03 WIB
Ilustrasi sakit saluran kemih.*
Ilustrasi sakit saluran kemih.* /Pixabay/ bzndenis

CERDIK INDONESIA - Pasti kalian pernah nih pengen buang air kecil tapi susah cari toilet atau nahan buang air kecil karena lagi asik berkegiatan. Kalau nahanya cuma sesekali sih ngga papa, tapi jangan dibiasain ya.

Kalau kalian membiasakan untuk menahan buang air kecil, bisa berdampak pada kesehatan kita.

Selain itu, menahan buang air kecil juga memicu penumpukan bakteri di sekitar pembukaan uretra, kalau sudah seperti ini bisa terjadinya infeksi saluran kemih.

Kemungkinan kamu bakal susah menahannya lagi lama-lama, alias kelepasan. Akhirnya ke kamar mandi jadi nggak tepat waktu, udah kencing di celana alias tempat duluan.

Baca Juga: Pangeran Philip Mengidap Infeksi Kandung Kemih, Suami Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 99

Selain itu, menaham air kencing terlalu lama bisa menyebabkan melemahnya otot pinggung. Padahal, otot pinggung berguna untuk menjaga kontrol fungsi kandung kemih.

Jika melemah, bisa-bisa kehilangan kontrol. Jika menahan kencing terlalu lama dilakukan terus-menerus, hal yang terjadi kemudian bisa menyebabkan rasa sakit, bahkan sakitnya bisa sampai pada bagian perut baglan bawah.

Akhirnya, bagian-bagian tubuh di area tersebut tidak bisa rileks seperti biasanya.

Jadi, jika kalian sudah ingin atau dirasa-rasa ingin buang air kecil segera ke toilet ya, jangan sampai di tahan karena hal seperti ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X